Its My Life

Ya, Indonesia akan baik-baik saja

oleh DerielHD

12 August 2019

Indonesia tidak boleh terpecah! Indonesia harus bersatu! Meskipun ada beribu pulau, beragam suku, budaya, bahasa, dan kepercayaan, namun itu bukanlah alasan untuk hidup menyendiri antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Indonesia akan baik-baik saja, saya yakin itu.

Ketika melihat masih ada orang baik yang berjuang untuk kembali merekatkan tali persaudaraan diantara semua keberagaman, saya terharu da nada keyakinan yang kuat dalam hati bahwa Indonesia, negara yang saya cintai ini, akan baik-baik saja. Hari raya Idul Adha baru saja usai dan sepertinya sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di kota tempat saya tinggal untuk yang beragama nasrani mengunjungi dan bersilaturahmi ke rumah saudara-saudara muslim yang merayakan; seorang pria budha meninggal hari ini dan masyarakat dari muslim dan nasrani juga hadir untuk memberikan bantuan dukacita dan penghormatan terakhir bagi almarhum.

Ada sebuah ikatan yang kuat disana, ikatan yang kuat bahkan melebihi seutas tali bernama toleransi. Tali pengikat itu bernama kasih persaudaraan di dalam Tuhan. Meskipun bukan saudara sedarah, tetapi ikatan tali persaudaraan di dalam Tuhan jauh melebihi dan melampaui segala provokasi dan niat jahat oknum-oknum jahat yang mencoba mengganggu persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Ya, saya yakin Indonesia akan baik-baik saja. Masih banyak orang baik di bangsa ini. Mereka jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pengacau yang menginginkan bangsa ini menjadi miliki mereka dan kelompok mereka saja. Sudah cukup rasanya melihat putra-putri penerus bangsa harus saling sikut menyikut demi atas nama kekuasaan, mengumbar janji di hadapan banyak orang dan ketika waktunya tiba kekuasaan itu diraih, mereka lupa akan segala macam janji mereka.

Kini, 74 tahun Indonesia merdeka. Banyak kisah sudah dituliskan kedalam catatan sejarah bangsa, para pahlawan dari berbagai latar belakang budaya, suku, dan bahasa, bersatu untuk mengusir penjajah dari tanah air tercinta. Berjuang hingga tetes darah penghabisan demi meraih mimpi kemerdekaan untuk anak cucu dan generasi penerus bangsa yang akan datang. Sudahkan kita yang hidup saat ini dan menikmati kemerdekaan itu merasaka bersyukur dan ikut memberikan kontribusi positif bagi bangsa ini? Lakukanlah! Jika bukan untuk kita yang hidup saat ini, lakukanlah untuk generasi penerua bangsa setelah kita.

Jika hari ini kita tidak mampu untuk memebrikan tenaga kita untuk bangsa ini, ceritakanlah betapa besarnya perjuangan para pahlawan dimasa lalu kepada anak dan cucu kita supaya nilai-nilai nasionalisme semakin tertanam di hati dan pikiran mereka; menjadi darah dan daging, dan bisa mereka terapkan dalam kehidupan setiap hari. Jika hari ini kita belum mampu melakukan segala sesuatu yang baik untuk bangsa ini, setidaknya kita tidak melakukan sesuatu yang bisa merusak apa nilai-nilai baik yang sudah turun-temurun berlangsung ditengah-tengah masyarakat.

Jangan lagi ada paham dan ideology baru, cukup pancasila dan UUD1945 saja!itu sudah final dan tidak dapat diganggu dan di gugat lagi. Kalian tidak suka dengan itu? Silahkan angkat kaki dari bangsa ini dan buatlah negaramu sendiri. Tidak ada tempat bagi kalian yang merasa lebih Indonesia dari para pajuang di negara ini. Tya, Indonesia akan baik-baik saja, bahkan jika tanpa kalian. Yang dibutuhkan Indonesia hanyalah mereka yang siap untuk memperjuangkan keberagaman dan persaudaraan untuk menjamin masa depan bangsa yang lebih baik dan bisa menjadi teladan bagi bangsa-bangsa lain.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis