Its NOT Me

Wanita Suci Yang Tersisihkan Arus Perdebatan

oleh arpan

11 January 2018

itsme.id – Wanita adalah pelengkap paling sempurnya yang di ciptakan Allah, kesabarannya melebihi laki-laki dan ketangguhan wanita akan terlihat saat ia sudah menikah dan mempunyai anak. Wanita yang mampu mengurus anaknya dengan baik adalah wanita super sabar, karena kebanyakan laki-laki tidak mampu melakukan hal serupa. Kebanyakan wanita tidak betah dengan laki-laki yang tidak punya pendirian, tetapi banyak juga wanita tertipu karena sifat dasar mereka yang suka di puji.

Wanita bukanlah budak budak yang terlupakn oleh dunia, tidak sedikit negara didunia pernah dipimpin Oleh wanita dan Indonesia salah satunya. Bila kita melihat keseharian wanita, sangatlah memukau juga mengagumkan, mereka selalu memperlihatkan karakter ayu dan cara berpenampilan yang sempurna, kadang ada juga yang berlebihan. Hal ini membuktikan wanita saat ini patut diperhitungkan . Dibalik semuanya itu, tenyata banyak mereka tertindas, tidak dihargai, difitnah bahkan dilecehkan. Mereka terbelunggu dibalik kejamnya kawanan hitam dan memikul beratnnya kenyataan.

Kemudian dalam kisah hidup Nabi Muhammad ada juga wanita yang sangat baik menjadi contoh yaitu Khadija isteri Rasulullah. Saat rasulullah gemetar dan hampir pingsan ketika pulang dari goa hira dan mendapat wahyu pertama kali oleh perantara malaikat Jibril.  Rasulullah berkata kepada Khadijah, “Selimuti aku, selimuti aku! Sungguh aku khawatir dengan diriku.” Demi melihat Nabi yang demikian itu, Khadijah berkata kepada beliau, “Tenanglah. Sungguh, demi Allah, sekali-kali Dia tidak akan menghinakan dirimu. Engkau adalah orang yang senantiasa menyambung tali silaturahim, senantiasa berkata jujur, tahan dengan penderitaan, mengerjakan apa yang belum pernah dilakukan orang lain, menolong yang lemah dan membela kebenaran.” (HR. Bukhari, Kitab Bad’ al-Wahyi no. 3, dan Muslim, Kitab al-Iman no. 160)

Satu wanita yang di munculkan dalam Qur’an adalah siti Maryam ibunda dari Nabi Isa as adalah wanita yang luar biasa, wanita dengan kesucian ilahi. Tetapi justru kadang sosok wanita suci ini tenggelam dibawa arus perdebatan seputar Isa dan Muhammad. Seharusnya wanita ini menjadi rujukan bagi wanita pada umunya,  hadir sebagai penolong bagi wanita. Seharusnya wanita bukanlah jiwa jiwa yang lemah, terbukti keunikan mereka mampu mewujudkan keajaiban dalam kehidupan ini. Olehnya, jangan pernah meremehkan wanita apalagi sampai melecehkan mereka. Karena peran wanita di masa lampau bahkan sampai hari ini tidak bisa di pandang sebelah mata.

arpan