Its My Life

Viralkan! Pahlawan itu bernama Joni!

oleh DerielHD

18 August 2018

Johanes Andekalla, atau biasa dipanggil Joni, mendadak menjadi perbincangan seluruh jagad media sosial. Ya, Joni menjadi viral setelah video aksi heroiknya ketika naik ke tiang bendera untuk memperbaiki tali bendera yang putus saat upacara bendera peringatan 73 tahun Indonesia merdeka, tersebar di media sosial. Semua orang menceritakan kehebatan Joni.

Seorang anak kecil yang merupakan pelajar kelas 7 SMPN Silawan, saat upacara peringatan HUT ke-73 RI di pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto, Kabupaten Belu, NTT, kini mendapat pujian semua pihak. Bingkisan demi bingkisan hadiah membanjiri rumahnya sejak tadi malam. Bahkan berkat aksi heroiknya tersebut, joni mendapatkan beberapa hadiah special dari beberapa BUMN untuk menjamin masa depan pendidikannya. Dan tak tanggung-tanggung, Pak Presiden akhirnya mengundang Joni untuk berjumpa secara langsung di istana Negara hari ini dan rencananya akan ikut menghadiri acara pembukaan Pesta Olahraga Asian Games 2018 di Jakarta.

baca juga : 73 Tahun! Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesiaku!

Sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbangga masih memiliki generasi penerus sperti Joni. Yang meskipun orang tua dengan latar belakang sebagai eks penduduk timor Leste, tanpa rasa takut rela memanjat tiang bendera demi berkibarnya sang Merah Putih di ujung tiang bendera. Ketika di belahan Indonesia lainnya ada yang sibuk ingin mengganti sistem bangsa ini, anak ingusan ini malah berusaha untuk mengibarkan sang Merah Putih demi kejayaan Bangsa Indonesia yang dia cintai. Mereka berkoar-koar sok peduli dengan keadaan bangsa ini tanpa bertindak nyata sebelum mereka berkuasa, tetapi Joni tidak perduli dengan semuanya itu.

Aksi Heroik anak ingusan ini seolah membungkam segala kekacauan atas nama rasa nasionalisme yang akhir-akhir ini muncul di media masa nasional. Dia tidak mengharapkan pujian, atau juga penghargaan, yang dia pikirkan hanyalah bagaimana supaya bendera tersebut bisa berkibar sebagai tanda kejayaan bangsa ini.

Mungkin diluar sana, masih banyak anak-anak lain seperti Joni yang rela mengorbankan segalanya untuk kejayaan bangsa ini. Itu yang harus kita apresiasi. Bangsa ini tidak hanya membutuhkan orang yang hebat dalam teori, tetapi juga hebat dalam mengaplikasikan teorinya. Bangsa ini tidak membutuhkan kritikan, tetapi kerja nyata untuk membangun mental, fisik, dan karakter yang kuat sebagai sebuah keutuhan berbangsa dan bernegara.

baca juga : Ormas Islam dan persatuan bangsa Indonesia

Semoga apa yang dilakukan Joni menjadi pelajaran bagi kita semua untuk terus berusaha memberikan yang terbaik bagi bangsa ini. Tidak perduli jika kalian pemerintah atau oposisi, kalian adalah bangsa Indonesia, maka sudah selayaknya kalian satukan visi dan misi, rapatkan barisan, supaya peruangan para pahlawan tidak menjadi sia-sia. Tetap semangat ya Joni. Jiwa nasionalismu layak menjadi teladan bagi kami semua!! Merdeka!!

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis