itsme.id– Memperingati Hari Veteran Nasional merupakan satu bentuk penghargaan kepada para pahlawan bangsa ini. Tentu kita pernah mendengar sebuah pepatah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, tetapi makna dari pepatah lama ini berubah seiring berjalannya waktu. Bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya tentu dengan berani menjunjung tinggi ideologi negara yang pahlawan perjuangkan dengan nyawa, bukan malah meragukannya. Hari ini kita bisa tertawa karena perjuangan para veteran, bukan karena jasa orang-orang yang sampai saat ini masih ingin menancapkan bendera ideologi mereka sendiri. Andai para veteran seperti Captain America yang tidak bisa menua, tentu para perusak persatuan akan gemetar setengah mati.

Di balik jasa-jasa para veteran ternyata tidak semua bisa benar-benar mendapatkan hak dari kemerdekaan yang mereka perjuangkan. Beberapa dari mereka masih terus berjuang bertahan hidup, bukan dari pasukan musuh, tetapi bertahan hidup dari rasa haus dan lapar ditengah-tengah masyarakat yang bergelimpangan harta. Menyikapi veteran belum cukup dengan sekedar mengenang jasa-jasa mereka, kita dan khususnya pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan para veteran. Hak-hak yang sudah di atur oleh pemerintah harusnya bisa mengurangi beban para veteran, tetapi masih saja ada veteran belum menikmati hak-haknya. Seperti yang terjadi di tahun 2016, Wal Hatiah salah seorang veteran asal Kelurahan Raba Dompu, Kota Bima, hanya mendapatkan bantuan sebesar Rp 250.000 dan tentu itu jauh dari cukup.

Semoga menjelang kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun, para veteran benar-benar bisa tenang tanpa memikirkan lauk pauk apa yang akan mereka makan esok hari. Mereka rela melepas nyawa pada tiang gantungan dan mati dalam pembuangan tetapi pada kenyataanya masih berperang dalam memenuhi kebutuhan hidup. Malangnya nasibmu wahai para veteran, ditambah lagi generasi-generasi bangsa yang semakin brutal dan ingin merusak kemerdekaan yang telah kalian raih dengan keringat darah. Kita bersyukur bahwa veteran-veteran ini diberikan umur panjang, sehingga mereka masih bisa mengawal keutuhan negara kesatuan republik Indonesia. Jangan bersedih wahai veteran, mungkin di dunia kalian belum mersakan bentuk pernghargaan sesungguhnya dari bangsa ini, tetapi Tuhan tidak akan pernah melupakan jasa-jasa kalian.

Kami berharap komitmen pemerintah saat ini, melalui Kementerian Pertahanan dalam meningkatkan kesejahteraan serta mampu memenuhi hak-hak para veteran bisa segera terealisasi. Meneruskan perjuangan para veteran adalah tugas kita semua, salah satunya adalah mencegah paham-paham radikalisme dan mendukung pemerintah dalam menghapus ormas-ormas anti pancasila. Dengan menjaga ideologi bangsa ini, sama halnya kita mengurangi beban veteran-vetaran di negara ini.  Terkadang hak tidak setimpal dengan kewajiban, karena masih ada  orang di negara ini bahkan tidak peduli dengan hak orang lain, ada juga yang berani mencuri hak orang lain. Merdeka!



Latest posts by arpan (see all)