Its My Family

Vaksin MR, Halal atau Haram?

oleh DerielHD

19 September 2018

Masih bertanya-tanya mengenai vaksin MR yang lagi viral? Mungkin bagi kita ummat Islam, masih terus bertanya-tanya mengenai asal muasal dan keuntungan dari pemberian vaksin ini terhadap anak-anak. Nah, artikel yang satu ini akan membahas informasi seputar vaksin MR, dan setidaknya ikut membantu menyelesaikan polemic mengenai betapa negatifnya informasi yang beredar di hampir semua kalangan masyarakat mengenai apakah vaksin ini halal atau haram.

Apa saja fakta menarik seputar Vaksin MR?

  1. Melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan
    Dengan diberikannya vaksin MR atau Measles (campak) dan Rubella (Campak jerman), maka anak anda terlindung dari resiko terkena penyakit kelainan bawaan seperti kelainan pendengaran, penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan oleh adanya infeksi Rubella pada saat kehamilan.
Halal atau Haram

Foto : Petunjuk untuk mendapatkan Vaksin MR untuk buah hati anda

  1. Berbeda dengan Vaksin MMR
    Mengapa? Jadi katakanlah anak anda sudah pernah diberikan vaksin MMR, maka wajib hukumnya untuk kembali memberikan vaksin MR, untuk memperkuat sistem pertahanan terhadap virus itu sendiri.
  1. Dampak yang sangat mengerikan
    Bukannya mau menakut-nakuti, akan tetapi itulah kenyataannya. Berita yang mengatakan bahwa dampak buruk yang akan ditimbulkan karena kita tidak memberikan vaksin MR kepada anak bisa sangat fatal, bahkan bisa berujung kematian.
  1. Efek samping ringan
    Ya, memang ada efek samping yang terjadi akibat dari pemberian vaksin MR ini, akan tetapi itu bukanlah efek samping yang berat atau berbahaya. Kasus yang paling sering terjadi adalah reaksi alergi dari tubuh penerima vaksin terhadap vaksin itu sendiri.
  1. Orang dewasa tidak membutuhkan
    Sebenarnya orang dewasa juga membutuhkan vaksin ini, akan tetapi menimbang bahwa orang dewasa sudah memiliki sistem immune yang lebih kuat dan juga dampak dari virus MR yang sangat kecil terhadap orang dewasa maka bisa dikatakan kalau orang dewasa tidak terlalu memerlukan vaksin ini. Kecuali wanita hamil.
  1. Belum ada sertifikasi halal
    Nah ini yang hingga saat ini menjadi perdebatan dikalangan masyarakat, terutama menengah kebawah. Memang MUI belum mengeluarkan sertifikat halal untuk vaksin ini, akan tetapi dari informasi yang tim itsme dapatkan bahwa halal atau tidak bukanlah sebuah masalah selama itu digunakan dalam keadaan tertentu dan untuk kepentingan orang banyak.

Halal atau Haram

Jadi sobat, sesuatu yang halal memang perlu, kita semua setuju untuk itu. Akan tetapi, sementara kita sedang berdebat mengani halal atau haram, anak-anak, generasi penerus kita di masa depan sedang berjuang melawan penyakit berbahaya yang tidak bisa mereka lawan sendirian. Mereka membutuhkan kita sebagai orang tua yang lebih bisa mengatur dan menjamin akan kesehatan mereka hari ini dan dimasa yang akan datang. Nah mumpung pemberian imunisasi campak dan rubella ini masih sampai akhir bulan ini, ayooo segera ke puskesmas terdekat supaya anak anda segera mendapatkan imunisasi ini.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis