Its My Family

Tips Mudik Aman dan Nyaman bagi Wanita Hamil

oleh Mr Ben

13 June 2018

Tidak terasa bulan Ramadhan akan segera berganti dengan bulan Syawal, yang artinya puasa akan segera usai dan umat Islam akan merayakan Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri identik dengan mudik dan menjadi saat yang dinantikan untuk berkumpul dan melepas rindu setelah sekian lama tidak bertemu dengan sanak saudara.

Hampir semua orang, tidak terkecuali wanita hamil dan para perantau, menganggap bahwa mudik menjadi suatu keharusan meskipun cukup melelahkan dan cukup merepotkan. Rasa lelah dan repot tersebut akan terbayarkan saat berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Nah, bagi wanita hamil yang ingin mudik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena fisiknya berbeda dengan wanita yang tidak hamil.

Perut yang semakin besar akan menghambat aktivitas yang dilakukan sehingga wanita hamil yang ingin mudik harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Agar perjalanan mudik tetap aman, nyaman, dan menyenangkan, cobalah beberapa tips berikut ini.

  1. Konsultasikan Terlebih Dahulu Dengan Dokter Kandungan
    Berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mudik menjadi keharusan. Ini dilakukan demi keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan.
  2. Meminta Surat Rekomendasi Dokter Kandungan Dan Membawanya Saat Mudik
    Jika dokter kandungan mengizinkan wanita hamil mudik, jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi dan harus dibawa saat mudik menggunakan pesawat terbang atau kapal laut. Petugas akan menanyakan surat tersebut saat tahu bahwa ada wanita hamil yang menaiki pesawat terbang atau kapal laut saat mudik.
  3. Pilih Saat Mudik Yang Tepat
    Saat yang tepat bagi wanita hamil untuk mudik adalah saat trimester kedua karena kondisi tubuh mulai stabil. Hindari mudik saat trimester pertama karena kondisi tubuh belum stabil dan beresiko besar mengalami keguguran. Hindari juga mudik saat trimester ketiga karena dapat memicu terjadinya kontraksi akibat kelelahan. Selain memperhatikan usia kehamilan, waktu mudik juga harus diperhatikan. Pilihlah waktu mudik jauh-jauh hari, misalnya seminggu sebelum Hari Raya, untuk menghindari kemacetan parah yang biasa terjadi sehingga wanita hamil tidak merasa terlalu lelah.
  4. Persiapkan Kondisi Fisik
    Wanita hamil yang ingin mudik juga harus mempersiapkan kondisi fisiknya sebaik mungkin. Cukup dengan mengonsumsi air putih dan vitamin agar tubuh tetap fit selama di perjalanan.
  5. Tidak Melakukan Perjalanan Mudik Seorang Diri
    Wanita hamil yang melakukan perjalanan mudik seorang diri sangatlah beresiko. Suami harus menemani istrinya yang sedang hamil atau mintalah sanak saudara untuk menemaninya jika suami tidak dapat menemani. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang serius pada istri dan kehamilannya.
  6. Tentukan Moda Transportasi Yang Akan Digunakan
    Semua moda transportasi, baik darat, laut, maupun udara, memiliki risiko masing-masing bagi wanita hamil. Pilihlah moda transportasi yang nyaman untuk wanita hamil.
  7. Carilah Posisi Senyaman Mungkin Selama Di Perjalanan
    Posisi wanita hamil memang serbasalah sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman selama di perjalanan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menyangga punggung dengan bantal kecil yang empuk untuk mengurangi nyeri punggung.
  8. Tidak Membawa Banyak Barang Dan Berat
    Perut yang semakin besar membuat aktivitas wanita hamil menjadi terbatas dan merasa cepat lelah. Jika ditambahkan dengan membawa banyak barang dan berat, akan membuat wanita hamil semakin kelelahan.

Selain tips-tips di atas, berdoa agar diberikan keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan selama mudik oleh Sang Pencipta menjadi hal paling penting yang harus dilakukan oleh wanita hamil yang ingin mudik sehingga mudik menjadi menyenangkan. Selamat mudik!

Mr Ben

Berawal dari mendirikan sebuah Lembaga Penyiaran Swasta, sejak saat itu visi terus berkembang | Pendiri dan CEO Fokus Media Group | cyberlabpro | itsme.id | SajaddahFM | SajaddahLive | PanuaFM | SorbanFM | Hidayah Bangsa Fondation | Seorang Penikmat Kopi Hitam |