Its My Faith

Tips Meningkatkan Syukur Ditengah Cobaan

oleh Mr Ben

23 August 2018

Manusia celaka adalah mereka yang tak tau rasa syukur pada Tuhannya. Sesuai janji dari Allah SWT  bahwa Ia akan meningkatkan rezeki dan kebahagiaan seseorang apabila selalu meningkatkan syukur atas segala nikmat yang diberikan, sekecil dan sesedikit apapun itu. Hal tersebut memang benar adanya, mengingat seiring perkembangan zaman manusia menjadi pribadi tamak dan sombong.

Kebanyakan orang selalu menuntut lebih mulai dari harta, tahta, kesehatan, kebahagiaan dan ketentraman hidup tanpa berusaha mengingat berapa banyak sudah kenikmatan yang diberikan Allah. Seringkali kita merasa jengkel ketika keinginan tak kunjung dikabulkan terlebih lagi selalu mendapatkan cobaan bertubi-tubi sehingga membuat frustasi. Dalam surah Al-Baqarah 216 sudah ada firmanNya yang mengatakan bahwa bisa jadi apa yang disukai menjadi buruk sebaliknya hal paling dibenci malah memberikan kebaikan pada kita. Intinya adalah Allah akan memberikan sesuatu rezeki berdasarkan apa yang dibutuhkan bukan hanya diinginkan karena Ia sungguh memahami kebaikan bagi seluruh umat. (Baca juga: Rejeki Tak Kan Pernah Berhenti Untuk yang Selalu Berusaha)

Belajar Syukur dari Para Nabi Terdahulu

Sulit memang meningkatkan rasa syukur di tengah masalah tetapi kita semua harus tetap berusaha beriman. Salah satu caranya dengan belajar dari cobaan para nabi tercinta di zaman dahulu, dimana segala fasilitas serta perkembangan teknologi tak secanggih sekarang. Ini berarti orang dahulu harus berusaha lebih keras ketimbang manusia era modern karena ada begitu banyak solusi serta bantuan ketika mengalami suatu kegagalan. Beberapa kisah nabi inspiratif dan patut dicontoh ketika mengalami cobaan yaitu:

  1. Nabii Ayyub as yang sempat mengalami bentuk cobaan karena Allah SWTsengaja membiarkan iblis dan setan menggodanya. Akan tetapi beliau tak gentar dan tetap beriman sehingga semua cobaan dapat dilalui dengan baik.
  2. Nabi Muhammad SAW dimana mendapatkan cobaan tak kalah besar sampai beliau kehilangan orang tercinta seperti para sahabat, umat, bahkan sang istri Khadijah serta pamannnya. Nyaris saja pada saat itu Rasulullah kehilangan harapan serta cita-cita akan dakwah tetapi akhirnya dapat dilalui dengan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Tips Jitu Tingkatkan Rasa Syukur pada Allah

Meningkatkan syukur tak bisa datang begitu saja atau dilakukan secara instan melainkan selalu dibiasakan dari kecil hingga tua. Berikut ini ada tips yang dapat diterapkan dalam kebiasaan sehari-hari.

  1. Ketika mengalami cobaan berat, ingatlah jika Allah SWT selalu memberikan bantuan pada umatNya.
  2. Ingat janti Allah jika suatu kesedihan, kegagalan, dan keterpurukan akan diganjar dengan berbagai macam nikmat rezeki.
  3. Cobalah hitung segala nikmat dan kebaikan dari Allah dari kita lahir sampai bertumbuh detik ini. Mulai dari hal kecil seperti kesehatan fisik serta jiwa, makanan berlimpah, kebahagiaan, pasangan hidup, kecerdasan, kebutuhan hidup terpenuhi, dan sebagainya.
  4. Bantu saudara dan sesama yang sedang mengalami kesusahan agar meringankan beban mereka. Dari situ kita dapat mengambil pelajaran berharga jika tak semua orang diberikan keberuntungan. Manusia juga berkewajiban menolong satu sata lain agar bisa saling berbagi.

Itulah cara meningkatkan syukur jika Anda sedang mengalami cobaan atau mengalami kegagalan sehingga merasa sebagai manusia paling sial bahkan tak berguna. Janganlah sekali-kali meragukan Allah SWT karena di setiap hal buruk memang sudah dijanjikan adanya kebaikan.

Mr Ben

Berawal dari mendirikan sebuah Lembaga Penyiaran Swasta, sejak saat itu visi terus berkembang | Pendiri dan CEO Fokus Media Group | cyberlabpro | itsme.id | SajaddahFM | SajaddahLive | PanuaFM | SorbanFM | Hidayah Bangsa Fondation | Penikmat Kopi Hitam |