Its NOT Me

Terkenal dengan Kontroversi, siapa saja?

oleh DerielHD

13 April 2018

Masih ada hubungan mengenai kontroversi pernyataan seorang dosen mengenai kitab suci yang katanya fiksi, kali ini saya akan menulis mengenai beberapa tokoh sejarah yang dikenal karena pernyataan dan atau penelitiannya yang dianggap kontroversi.

Charles Darwin, Teori Evolusi.
Sebuah teori yang hingga kini tetap menjadi misteri dan menjadi perdebatan yang panas dikalangan para akademisi, teori evolusi yang ditulis dalam sebuah buku berjudul The Origin of Species karya Darwin sendiri, menyatakan bahwa manusia berasal dari hasil evolusi jutaan tahun kera. Meskipun teori tersebut sudah banyak diuji dan diakui oleh berbagai ilmuwan, akan tetapi terus saja ditentang oleh para rohaniawan, ulama, dan ahli kitab, karena dinilai sangat bertentangan dengan karya penciptaan alam semesta yang ditulis dalam kitab suci.

Stephen Hawking, Big Bang Theory
Fisikawan yang satu ini juga tidak kalah nyentrik dan kontroversi. Terkenal dengan teorinya mengenai bagaimana alam semesta ini tercipta, Stephen Hawking kemudian menjadi sangat terkenal karena keyakinannya bahwa bumi, bulan, matahai, dan seluruh alam semesta terjadi karena ada sebuah ledakan besar bermilyar-milyar tahun yang lalu. Meskipun Hawking dan beberapa koleganya bisa membuat eksperimen dan penelitian untuk membuktikan teori ini, Jelas saja teori ini sekali lagi mengakibatkan perdebatan panjang karena bertentangan dengan isi kitab Suci.

Teori Partikel Tuhan
Masih oleh fisikawan yang sama, Stephen Hawking, teori ini menjadi perbincangan hangat di banyak sekali universitas ternama, dan juga di berbagai media masa dunia. Menurut Hawking, kehancuran alam semesta bisa terjadi dengan Higgs Boson atau yang lebih dikenal dengan ‘Partikel Tuhan’. Teori yang pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan bernama Higgs ini kemudian hanya memberikan pembktian bahwa setiap benda memiliki massa.

Albert Einstein, Teori Relativitas Waktu
Ilmuwan yang satu ini, siapa yang tidak mengenalnya. Rambut acak-acakan dan nyetrik menjadi ciri khasnya. Terkenal dengan rumus fisika E=mc2 atau ekivalensi massa-energi, Einstein kemudian menjadi salah satu ilmuwan ternama hingga kini. Hingga kemudian Einstein mengeluarkan pendapat yang kotroversi mengenai kemungkinan seseorang melakukan perjalanan waktu ke masa depan ataupun sebaliknya. Terang saja, teori ini terus dibantah oleh beberapa ilmuwan akan tetapi setelah Einstein, ada lagi ilmuwan yang melanjutkan penelitian-penelitian mengenai perjalanan waktu. Benjamin K Tippet dan David Tsang, misalnya.

Itulah beberapa ilmuwan dan teori ‘orang-orang imajinatif’ yang masih menjadi terkenal karena kontroversinya,hingga kini. Yang paling fenomenal adalah teori mengenai perjalanan waktu. Hingga kini para ilmuwan terus mencari cara untuk bisa membuktikan teori perjalanan waktu ini. Yang paling mungkin adalah penelitian mengenai lubang hitam dan kenyataan bahwa para astronot yang berada diluar angkasa melakukan perjalanan waktu 0,02 detik ke masa depan mereka, dan usia mereka yang lebih muda 0,007 detik dibandingkan dengan manusia di bumi.

Kemudian apa hubungannya dengan teori Kitab Suci itu Fiksi? Apakah kemudian pernyataan dari dosen filosofi UI ini akan menjadi teori kontroversi yang akan dibahas berjilid-jilid selanjutnya seperti teori-teori lain? Ataukah ada kemungkinan dunia akan melihat RG sebagai salah satu ‘orang imajinatif’ yang akan terus dikenang sepanjang masa? Mungkin biarkan publik yang menilainya. Terlepas dari pernyataannya yang masih menuai perdebatan, semoga saja akan ada penelitian akademik dari beliau yag kemudian menjadi bukti yang bisa menguatkan teorinya tersebut. Dan Kemudian memberikan edukasi yang bernilai kepada masyarakat awam. Kita sebagai konsumen ya tinggal menunggu saja.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis