Its My Life

Jangan Jauhi Teman Introvert

oleh Mr Ben

29 August 2018

Salah satu problem sosial yang seringkali ditemui di lingkup pertemanan adalah memiliki seorang teman introvert yang terkesan penyendiri. Biasanya orang semacam itu akan selalu ada di lingkungan sekolah, kampus sampai kantor sekalipun. Mereka lebih senang berdiam dan menarik diri dari kehidupan sosial sehingga tak menganggu orang di sekitarnya. Akan tetapi ternyata ada pula kerugian yang ditimbulkan dimana tak bisa diajak kerjasama dengan baik karena terlalu egois dan cuek terhadap keadaan, khususnnya ketika melakukan kerja kelompok atau tugas lainnya. Akibatnya orang dengan sifat tersebut dianggap buruk, tidak asik, dijauhi bahkan sampai dikucilkan oleh orang sekitarnya. Meskipun agaknya menyebalkan tetapi benarkah reaksi dan tindakan tersebut?

Alasan Mengapa Seseorang Menjadi Introvert

Teman introvert dan anti sosial di tempat Anda terlihat selalu menyendiri, tidak berkawan atau hanya mau interaksi dengan orang tertentu saja. Namun jika dicari faktor penyebabnya tentu ada banyak sekali karena meliputi internal dan eksternalnya. Penyebab seorang teman introvert biasanya karena terbiasa hidup serba mandiri. Hal ini lebih ke alasan pribadi dimana kurang senang dengan lingkungan ramai, berisik karena dianggap menganggu mereka. Kemudian bisa juga karena pengaruh lingkungan rumah sejak kecil sampai dewasa, contohnya tidak mendapatkan perhatian orang tua, biasa tinggal sendiri, kurang komunikasi, dan semacamnya. Dengan begitu akan terus terbawa sampai mereka berusia dewasa sehingga terkesan seperti seorang yang sangat anti sosial padahal memang disebabkan karena kebiasaan hidup semata.

Faktor lain muncul ketika teman introvert tersebut mengalami depresi, stress, tindakan tak menyenangkan atau trauma di masa lampau. Sebagai akibatnya mereka menutup diri sebagai cara perlindungan paling tepat karena tak ingin kejadian sebelumnya terulang kembali. Selain itu juga tidak adanya teman bercerita sehingga segala permasalahan dipendam dan terkadang menimbulkan tingkat depresi tinggi. Alasan lain yaitu karena menganggap dirinnya superior hingga tak butuh bantuan orang lain. Campur tangan orang sekitar seringkali dianggap sebagai gangguan karena membuat pekerjaan mereka tak kunjung selesai. (Baca juga: Waspada! Bahaya Cyberbullying Mengancam Mental Generasi Indonesia)

Jangan Jauhi Teman Introvert

Kebanyakan orang tidak menyukai seorang teman introvert atau anti sosial karena kurang nyaman bila diajak berinteraksi. Inilah yang kemudian menyebabkan mereka dijauhi dan lebih terlihat penyendiri, bahkan beberapa diantaranya mengalami tindakan bullying. Jangan lagi lakukan hal tersebut dan terapkan tips berikut saat menghadapi mereka!

Teman introvert mungkin selalu dipandang sebelah mata karena terlihat senang menjauhi orang lain. Akan tetapi di balik perilaku mereka tentu ada alasan tersendiri, entah memang karena kebiasaan atau akibat dari hal buruk masa lalunya.

Mr Ben

Berawal dari mendirikan sebuah Lembaga Penyiaran Swasta, sejak saat itu visi terus berkembang | Pendiri dan CEO Fokus Media Group | cyberlabpro | itsme.id | SajaddahFM | SajaddahLive | PanuaFM | SorbanFM | Hidayah Bangsa Fondation | Penikmat Kopi Hitam |