Its NOT Me

RIP Moral! Bencana dan Musibah, salah siapa?

oleh DerielHD

4 November 2018

Melihat situasi di medsos akhir-akhir ini saya jadi ngeri-ngeri sedap, bagaikan permen yang dingin-dingin empuk dimakan di panasnya siang dan kerasnya kehidupan. Pengguna medsos seolah gak punya saringan lagi dalam mengomentari segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Mulai dari urusan serius seperti politik, hingga ke musibah dan bencana alam yang memang diluar kendali manusia manapun di dunia ini.

Ya, siapa yang bisa meramalkan, menentukan, bahkan menghindari bencana? Apakah oknum atau kelompok yang hendak mengganti sistem di negeri ini bisa melakukannya? Weh.. Mereka itu tuhan kah?

Melihat komen-komen unik di medsos saya jadi merinding sendiri dan membayangkan kira-kira apa yang ada dipikiran mereka ketika menganggap musibah yang dialami oleh saudara-saudara sebangsa dan setanah air mereka merupakan kesalahan pemerintahan yang ada saat ini, hingga akhirnya teriak-teriak gak jelas soal ganti presiden.

Mungkin mereka berpikir jika presiden dari golongan mereka, bencana alam atau musibah tidak akan terjadi dan seolah menghindar dari bangsa ini. Sehat kam? Yang kalian pikirnya Tuhan itu berotak terbalik kayak kam itu?

189 tubuh tercabik, ratusan jiwa berduka, dan seluruh masyarakat bangsa ini menyampaikan bela sungkawa, namun sayang ternodai oleh segelintir orang berotak udang busuk yang tanpa rasa malu memberikan komen nyinyir bahkan mengaitkan musibah dengan politik. Harsh words? Doesn’t matter.. I mean that!

Bagaimana mungkin mereka yang mengaku manusia namun mampu berbuat lebih jahat dari binatang?

Ah.. mereka melakukannya dengan hati yang berseri-seri bagaikan seember ikan teri yang dimakan mentah sambil berlari. Dibalik semua komen negatif yang ada, sebagian besar bisa saja merupakan akun boongan atau buzzer yang sengaja ingin membuat rusuh bangsa ini dengan status dank omen negatif. Ternyata sisa-sisa Saracen masih ada berkeliaran. Pemimpin mereka memang sudah ditangkap dan dihukum, namun pengikut mereka di bagian bawah masih sangat setia. Ada juga dari antara mereka yang otaknya sudah terkontaminasi dengan paham negatif sehingga mereka melakukan segala sesuatunya dengan senang hati.

Kita adalah Indonesia, dan seharusnya bersatu dalam membangun bangsa ini. Akan datang saatnya dimana kita akan diuji oleh berbagai macam tantangan, bencana, dan kesulitan secara ekonomi. Salah siapa?

Tidak ada yang salah. Jikalaupun ada yang salah, maka itu adalah salah kita semua, yang lalai dalam menjaga ersatuan dan kesatuan hanya karena keinginan untuk berkuasa selama lima tahun. Yang salah adalah kita, yang menggadaikan prinsip hidup dan idealismenya hanya karena permintaan perut yang minta diisi. Yang salah adalah kita, yang gagal memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat sehingga perpecahan menyebar kemana-mana..

Yang salah adalah kita semua, yang tidak bisa menjaga lisan dan jempol untuk tidak memberikan status dank omen negatif di medsos yang kita miliki. Kita semua juga salah karena meskipun kita belum paham mengenai situasi yang sebenarnya terjadi, kita bertingkah sok paham dan mengometari. Be wise, user! Kalo enggak mending upload aja segala sesuatu yang mengenai diri kalian yang sekiranya tidak mungkin merugikan banyak orang.

 

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis