Its NOT Me

Raden Hasan: KNPI Jangan Sampai Terjebak Dizona Nyaman

oleh arpan

16 June 2019

Melihat situasi negara indonesia yang sedang goyah akibat arus politik seakan membawa kepada perpecahan. Maraknya politik identitas yang  menjadi handalan para oknum  politisi berdampak kepada ideologi, dan menjadi kabur bagi mereka yang merasa pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara tidak cukup kuat  dalam mempersatukan dan menjaga hak-hak setiap warganegara. Imbas dari politik identitas sangat berdampak buruk bagi masyaraat di daerah daerah di indonesia, termasuk gorontalo. Hanya karena perbedaan pilihan politik, kuburan harus di bongkar dan dipindahkan ke tempat lain. Dari sini kita bisa melihat bahwa perpecahan sudah sangat jelas terlihat, pancasila sebagai ideologi, pun menjadi pertimbangkan bagi beberapa orang. Padahal kita ketahui bersama, tidak ada tawar menawar dalam hal ideologi!

Dengan alasan ini, maka diperlukan gerakan seirus agar kesatuan dan persatuan tetap tejaga. Jika kita kembali meihat sejarah, maka terdapat satu organisasi kepemudaan seharusnya menjadi solusi dan siap berada digarda depan dalam menangani situsi bangsa saat ini. KNPI, organisasi kepemudaan menjadi harapan generasi muda indonesia, di bentuk berlandaskan Pansacila dan UUD 45, dan mendapat restu langsung dari pemerintahan Orde Baru. Dengan dasar itu pula, organisasi KNPI dianggap sebagai produk orde baru. Organisasi ini sempat diusulkan untuk dibubarkan, nyatanya masih bertahan hingga sekarang.

KPNPI, Komite Nasional Kepemudaan Indonesia di bentuk dengan tujuan menumbuhkan, meningkatkan dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Undang-Undang Dasar 45. Pondasi dari terbentuknya Organisasi kepemudaan seperti KNPI tentu menjadi arus perubahan baru bagi berbangsa dan bernegara. Seperti kutipan pemuda kelahiran 12 Mei 1986, salah satu pengurus KNPI Kabupaten Bone Bolango, Provinsi gorontalo, Raden Hasan, menyebutkan, “sebagai organisasi kepemudaan, sudah menjadi tugas dalam menegakkan sila perstuan sebagai bangsa Indonesia, membangun spirit kematangan berorganisasi dan idealis dalam menjaga konsistensi arus perjuangan pemuda”.

Pemuda yang akrap dengan sapaan Bang Raden juga memaparkan hal yang harus dilakaan oleh KNPI Bone Bolango agar benar-benar berkemajuan, “seperti halnya menjadi wadah indenpendesi dalam mengawal kebijakan kebijakan pemerintah daerah”. Tidak bisa di pungkiri bahwa banyak organisasi yang awalnya idealis tetapi dengan berjalannya waktu mulai terjerumus dan mengkuti permainan oknum  politisi, apalagi jika sudah diperhadapkan dengan pundi pundi rupiah yang membuat terlena dalam  zona nyaman dan menggeser independensi yang ada pada mereka. Berharap KNPI Bone Bolango tetap konsisten, benar benar bisa menjadi solusi bagi bangsa, negara dan daerah sesuai dengan maksud dan tujuan awal di betuknya kelompok pemuda yang akhirnya menjadi suatu organisasi  besar hingga sekarang.

arpan