Its My Life

Puasa pertama? Lakukan hal ini, maka puasamu pasti lancar

oleh DerielHD

15 May 2019

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan bagi semua yang menjalankannya. Semua orang bergembira menyambutnya. Namun tidak dengan sebagian umat Muslim yang baru saja menjalankan ibadah puasa tahun ini, rasa lapar itu terasa sangat menyiksa dan godaan demi godaan malah semakin memperburuk godaan itu.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa itsme.id bagikan kepada sobat yang baru pertama kali menjalankan ibadah puasa, supaya puasa tahun ini penuh dengan makna dan bisa dilalui dengan mudah.

  1. Sahur secukupnya. Tips ini terkesan sepele namun banyak juga orang yang gagal menahan rasa laparnya karena menganggap remeh hal ini. Sahur adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari berpuasa. Dengan makan sahur maka tubuh kita akan memiliki cadangan makanan yang cukup agar supaya kuat dalam menjalankan aktifitas sepanjang hari. Tapi jangan salah, makan yang berlebihan ketika sahur justru bisa mempercepat kita merasa lapar. Oleh karena itu, para ahli gizi dan ahli kesehatan sangat menyarankan untuk makan sahur secukupnya saja dan dengan menu dan gizi yang seimbang.
  2. Kurangi makan yang manis ketika sahur dan berbuka. Gula merupakana salah satu zat yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sangat aktif, namun juga bisa menyebabkan rasa lapar yang begitu besar. Oleh karena itu sangat disarankan supaya sobat mengurangi atau bahkan menghindari mengkonsumsi gula secara berlebihan ketika makan sahur sehingga tubuh tidak lekas merasa lapar dan tetap semangat dalam beraktifitas. Dan juga, dengan mengurangi makan yang terlalu manis maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit.
  3. Fokus kepada aktifitas. Dengan kata lain, jangan memikirkan soal makanan! Dengan pikiran yang terfokus pada pekerjaan atau aktifitas, maka pikiran atau rasa lapar akan teralihkan dan kita bisa menyelesaikan segala aktifitas dihari itu.
  4. Perbanyak senyum. Bukannya kita harus perbanyak tidur di bulan puasa? Tidur itu kan ibadah? Eh Sob, kalo kebanyakan tidur malah kita makin cepat lapar. Mendingan perbanyak senyum (asal jangan berlebihan), itu ibadah yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi banyak orang. kan sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat terhadap banyak orang.
  5. Hindari aktifitas berat jika tidak diperlukan. Benar Sob, jika memang tidak diperlukan, sebisa mungkin kita menghindari aktifitas berat yang bisa menyebebkan kita kelelahan dan akhirnya merasa haus dan lapar. Belajarlah untuk bekerja dengan pintar dan memanfaatkan segala sesuatu yang ada dalam melakukan pekerjaan (asal jangan memanfaatkan teman), supaya puasa kita lancar.
  6. Berdoa. Ini adalah cara yang paling ampuh supaya puasa kita lancar, Sob. Diwaktu-waktu senggang, hindari tidur dan perbanyak doa. Fokus kepada Sang Pencipta dan berusaha sedemikian rupa untuk terus mendekatkan diri kepadaNya. Lagipula, bukankah itulah inti dari berpuasa, untuk mendekatkan diri kepada Allah, Tuhan yang empunya seluruh alam semesta?

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa itsme.id bagikan untuk kita semua agar supaya ibadah puasa kita lancar hingga lebaran nanti. Selamat menjalankan ibadah puasa buat kita semua. Semoga puasa tahun ini benar-benar membewa keberkahan dan pengampunan bagi kita dan bagi sesama. Amin YRA

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis