Its My Family

Perjuangan Ibu-ibu single parent

oleh DerielHD

22 October 2018

Bagi perempuan yang telah menikah dan menjadi orang tua, nggak pernah ada yang sejak awal berharap untuk berjuang sendirian membesarkan anak-anaknya tanpa kehadiran sosok suami, ayah dari sang buah hati. Sejak pertama kali memiliki anak, tentu ada begitu banyak mimpi dan harapan yang terucap dan terpatri di hati bersama pasangan untuk mengasuh anak menjadi sosok yang lebih baik.

Namun, sayang pada kenyataannya nggak semua harapan mampu terwujud bagi semua orang. Terkadang sesuatu yang ideal nggak mampu diraih karena sesuatu dan lain hal. Wahai para ibu muda tunggal yang saat ini sedang berjuang membesarkan sang buah hati tanpa didampingi sosok suami, perjuangan kalian nggak mudah. Beberapa hal yang barangkali nggak pernah terungkap ini tentunya pernah mewakili isi hati kalian!

Menjadi sosok ayah dan ibu sekaligus.
Padahal terkadang ibu pun merasa beban di pundaknya sendiri terlalu berat dan melelahkan. Seorang ibu harus bisa membagi tugas anatar menjadi ibu sekalligus ayah bagi anak-anaknya. Dirinya dituntut untuk lembut dan perhatian, sekaligus harus tegas dalam mengatur dan mendidik anak-anaknya.

Harus tetap terlihat Kuat dan Tegar
Seorang Ibu bukanlah tokoh atau pribadi yang kuat seperti yang biasanya terlihat dari tampilan luar. Tetap terlihat kuat dan tegar merupakan sebuah tuntutan atau sebuah hal yang mutlak, karena anak-anak ibu membutuhkan sosok yang kuat dan mampu mengayomi dan melindungi semua anak-anaknya. Bahkan tak jarang seorang ibu yang membesarkan anaknya sendirian harus pasang badan demi keselamatan anak-anaknya.

Melawan tantangan stigma dengatif
Kemudian tak jarang juga seorang ibu wajib untuk menjadi sosok yang tebal muka dan tebal telinga dengan stigma negatif yang sering ‘menghajarnya’. Gerak-geriknya seakan-akan selalu diawasi dan selalu saja menjadi bahan perbincangan ibu-ibu satu komplek perumahan. Salah sedikit saja dan gossip atau berita negatif akan angsung menyebar bagaikan sel kanker yang mematikan

Rela mengerjakan apa saja
Menentang kodrat, namun terkadang seorang single mom, harus rela mengerjakan pekerjaan apa saja demi menjaga kelangsungan hidupnya dan terutama kehidupan anak-anaknya. Ya tak jarang juga ada yang sampai melakukan pekerjaan yang tidak baik dengan alasan desakan kebutuhan hidup. Namun ituah resiko yang harus dijalani oleh seorang ibu yang berjuang membesarkan anaknya sendiri.

Menyempatkan diri berdoa untuk anak-anaknya
Dalam semua kesibukannya, seorang ibu tetap rela meluangkan waktu sejenak untuk sekedar duduk diam dan berdoa untuk keselamatan dan kesuksesan anak-anaknya.

Saya sendiri tahu betul mengenai perjuangan ibu, dan mengalami sendiri pertemuan dengan ibu-ibu yang luar biasa. Mereka adalah pribadi-pribadi yang luar biasa yang pernah diciptakan oleh Tuhan. Mereka rela mengorbankan segalanya hanya supaya orang yang mereka cintai mendapatkan segala yang diperlukan. Mereka adalah pahlawan bagi setiap anak-anaknya.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis