Its My Family

Peran Penting Seorang Ibu Dalam Memperhatikan Pola Asuh Anak

oleh Mr Ben

31 August 2018

Kesibukan orangtua baik dari pihak ibu maupun ayah seringkali menjadi halangan dan kendala bagi Anda untuk memperoleh kasih sayang. Selain itu, anak juga secara perlahan merasa kehilangan peran dari orangtua yang seharusnya didapatkan oleh mereka. Sangat menyedihkan, jika harus melihat anak-anak sekarang banyak yang mendapatkan masalah serupa. Alasannya seringkali karena kedua orangtuanya sama-sama bekerja. Jika seseorang biasanya normal bekerja selama delapan jam saja dalam sehari, orangtua mereka bisa memakan waktu sampai dua belas jam sehari. Sehingga, ketika orangtua mereka sampai ke rumah, si anak sudah tertidur karena sangat lelah beraktivitas seharian.

Orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan dan masa depan si anak. Jangan sampai anak kita menjadi sosok yang merasa kesepian dan tidak memiliki orang yang bisa diandalkan dan dipercaya untuk mengadu. Kini sosok keluarga tidak lagi menjadi penolong utama saat anak merasakan lelah dan mengalami masalah. Kita tahu bahwa babysitter atau sosok orang lainlah yang sudah menggantikan posisi tersebut. Mungkin saja secara kebetulan, Anda juga mengalami hal yang sama padahal Anda sudah berusia dewasa sekarang. Tidak masalah, Anda pasti sudah mengalami masa-masa yang suram pada waktu lalu. Sekarang Anda bahkan sudah lebih baik dan bisa mengendalikan diri secara stabil. Sebagian dari Anda juga mengatakan dan berharap, hal ini mungkin tidak terjadi pada anak Anda.

Memang orangtua terutama sang ibu, sering dihadapkan dengan masalah pilihan seperti ini. Banyak dari mereka yang berpikir bahwa mungkin itu bukanlah kesalahan Anda, hanya sang anak saja yang membutuhkan perhatian berlebihan. Tapi ketahuilah, mungkin saja itu kesalahan kita dari kaum wanita sebagai seorang ibu. Jika kita tidaklah memilih pekerjaan yang menghabiskan waktu banyak disana, mungkin karakter anak kita bisa lebih baik sekarang. Namun, itu bukanlah suatu penyesalan yang harus Anda renungi terlalu lama. Masih ada waktu untuk merubahnya, terutama bagi para ibu yang sedang menentukan pilihannya sekarang. Kecuali, karena keadaan ekonomi keluarga mendesak dan harus mempertimbangkan hal lain yang membuat Anda harus bekerja keras. Akan tetapi, ini tidak bisa dijadikan alasan seorang anak harus kekurangan perhatian.

Ini Dia 3 Peran Penting Seorang Ibu Sebagai Pola Asuh

Sulit bagi seorang ibu bisa mengenal karakter anak dengan baik dan sempurna jika waktu bersama itu sangatlah minim dan intens. Penting bagi seorang ibu mengetahui karakter anak untuk mengkondisikan suatu keadaan yang terjadi. Misalnya, jika seorang anak itu emosional dan pemarah, maka seorang ibu sebaiknya harus mengalah dan menjelaskan hal-hal positif agar sang anak bisa berubah dan kedepannya lebih bisa mengendalikan emosionalnya. Hal ini tidak berjalan cepat, butuh waktu lama untuk bisa bersama dan saling membantu.

Terkadang untuk bisa membuat seorang anak mengakui kesalahan yang telah ia perbuat itu terasa sulit. Sang ibu akan dihadapkan pada pertanyaan apakah ia membela sang anak atau malah menjatuhkan. Juga, jika sang ibu salah dalam membangun kedekatan emosional dan menegur kesalahan yang diperbuat, bisa berakibat fatal. Maka, ada baiknya seorang ibu mempelajari atau membaca terlebih dahulu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk membangun kedekatan emosional dan menghadapi sang anak saat moodnya itu bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun tidak akan sanggup jika terlalu lama memendam kemarahan atau emosinya. Maka solusi terbaik satu-satunya ialah mengeluarkan dan melampiaskan emosi dengan cara tertentu. Bisa dengan mengajak anak olahraga keras, menyanyi, atau bahkan membacakannya ayat suci al-quran.

Dengan 3 peran penting di atas sangatlah membantu sang anak untuk membentuk karakter terbaik dalam dirinya yang akan berpengaruh hingga mereka dewasa nanti.

Mr Ben

Berawal dari mendirikan sebuah Lembaga Penyiaran Swasta, sejak saat itu visi terus berkembang | Pendiri dan CEO Fokus Media Group | cyberlabpro | itsme.id | SajaddahFM | SajaddahLive | PanuaFM | SorbanFM | Hidayah Bangsa Fondation | Penikmat Kopi Hitam |