Its My Family

Pelakor? Ini tips untuk menghindarinya

oleh DerielHD

21 March 2018

iT’s me – Beberapa waktu yang lalu saya membaca status update facebook dari teman saya. Statusnya kekinian bray, tentang pelakor. Berita mengenai Perampas Laki Orang atau Pelakor, kata kids jaman now, memang sempat sangat menghebohkan jagad sosial media. Anda yang selalu aktif dan kepo di media sosial pasti tahu itu. Tentunya ini menjadi ancaman tersendiri bagi para emak-emak karena berkenaan dengan suami-suami mereka yang rentan terhadap “pencurian” yang dilakukan oleh wanita lain. Berkenaan dengan itu, berikut tips sederhana untuk menangkal dan menjauhkan hidup anda dan pasangan anda dari pelakor.

  1. Puas dengan pasangan masing-masing.
    Jika berkenaan dengan benda mati yang bisa dibeli dan digonta-ganti, mungkin sobat bisa saja tidak akan pernah puas. Akan tetapi jika berkaitan dengan pasangan hidup, sobat harus tahu batasan puas sobat. Siapapun pasangan hidup sobat saat ini, itulah yang terbaik, dan sobat harus berpuas dengan dirinya. Jika ada pepatah “rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri”, maka jangan samakan pasangan sobat dengan rumput, karena memang dia bukanlah rumput.
  1. Terimalah pasangan sobat apa adanya.
    Tentunya untuk menerima pasangan kita seperti apa dirinya saat ini, sobat harus belajar untuk mengenalnya terlebih dahulu. Apa yang dia suka dan yang tidak dia suka, hal apa saja yang bisa membuat dirinya senang atau marah. Dengan menerima pasangan kita apa adanya, maka pasti kita akan merasa puas dan kemudian hidup bahagia jauh dari pelakor.

baca juga : Tidak semudah membalikkan telapak tangan, Hargailah!

  1. Saling menghormati.
    Peribahasa kuno berkata, “wahai suami-suami, hormatilah istrimu, demikian juga istri-istri, hormatilah suamimu.” Tentunya pernyataan itu bukanlah sebuah anjuran kosong yang tidak memiliki makna. Dalam sebuah hubungan memang harus ada yang namanya saling menghormati. Dari pengenalan akan pasangan akan melahirkan penerimaan, dari penerimaan akan muncul rasa hormat, dan pastinya jika sebagai pasangan sobat dan pasangan saling menghormati makan janji sehidup semati bukanlah sekedar isapan jempol belaka.
  1. Jauhi segala hal yang berpotensi “menggoda”.
    Untuk para suami (karena kasus pelakor banyak menimpa suami), jauhilah segala hal yang berpotensi yang bisa menyebabkan sobat kepincut dengan wanita lain selaiin pasangan sobat. Media sosial, aplikasi chat online, meeting berdua dengan sekertaris, atau apa saja yang bisa menyebabkan tumbuhnya rasa yang berbeda selain hubungan kerja atau teman, sebaiknya dihindari.
  1. Jangan melihat wanita lain lebih lama dari melihat istri anda.
    Warning! Jangan melihat wanita lain lebih dari 3 detik, karena memang tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk otak anda merekam perawakan atau paras wanita lain yang menurut anda menarik dan cantik. Ingat dari mana datangnya cinta? Ya, dari mata turun ke hati. Jadi jika ada wanita cantik dan menarik yang lewat didepan anda, hindari menatapnya terlalu lama, atau bahkan tidak usah menatap sama sekali. Kecuali jika wanita itu adalah rekan kerja atau teman anda sendiri.

baca juga : Sabar, adalah pelajaran seumur hidup!

  1. Jadilah tempat pulang yang menyenangkan untuk suami.
    Kebanyak alasan kenapa suami berpaling ke wanita lain adalah karena istri dan suasana rumah yang tidak lagi menyenangkan. Ada benarnya juga. Coba para emak-emak bayangkan, ketika suami tercinta pulang kerja, capek, lapar, haus, dan mungkin juga stress karena kontrak yang tidak berjalan baik dengan klien, dan ketika dia pulang, di rumah dia mendapati istri yang cerewet, suasana rumah yang berantakan, tidak tersedia makanan untuk dimakan. Atau istri yang lebih sayang dan perhatian terhadap handphone dan media sosialnya. Suami tidak menemukan kenyamanan. Suami akhirnya menganggap rumah bukan lagi tempat yang menyenangkan untuk pulang. Akhirya memalingkan perhatian kepada wanita lain.
    Oleh karena itu, jadikanlah rumah sebagai tempat yang nyaman bagi suamimu. Berikanlah perhatian khusus kepadanya, siapkan selalu apa yang menjadi keperluannya. Suami adalah imam dan pemimpin dalam rumah tangga, dan dibutuhkan perhatian ekstra dari istri untuk membuatnya tetap bersemagat, dalam hidupnya dan untuk menghidupi keluarganya.

Nah sobat, itulah beberapa tips agar rumah tangga kita terhindar dari yang namanya pelakor. Tentunya sebagai pasangan, suami dan juga istri, harus terus bekerja sama dan berjuang untuk terus mempertahankan keharmonisan. Tidak ada rumah tangga yang sempurna, semua memiliki masalahnya sendiri. Carilah solusi bersama dalam setiap tantangan dan teruslah melibatka Tuhan dalam segala sesuatu. Rumah tangga yang selalu mengandalkan Tuhan dan menjadikan Tuhan sebagai pegangan dalam hidup, pasti akan terhindar dari segala macam godaan.

*Jika sobat masih ada tips lain yang bisa bermanfaat, silahkan tulis di kolom komentar ya..

 

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis