Its My Life

Paripurna Yang Tidak Sempurna Dari Sudut Pandang Jurnalis Biasa

oleh arpan

26 July 2018

Kemarin perusahaan media tempat saya bekerja menugaskan saya liputan paripurnanya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi gorontalo. Saya bukan jurnalis yang handal, saya masih terus berlajar menjadi jurnalis dan wartawan yang kritis, seperti wartawan dan jurnalis senior di masa lampau. Tetapi menjadi Jurnalis kritis di zaman now memiliki tatangan epick, dan entah..apakah di daerah ini masih ada wartawan atau Jurnalis yang  berani menulis berita sesuai fakta, tanpa dibumbuhin “uang rokok”. Hmmmm, kayanya sih…ada kaliya. Positif sajalah!

Saya masih proses belajar, akses untuk “isu” dan data-data kredibel masih sulit. Bagi saya, kalau hanya menulis atau mempublikasikan berita-brita “endorse” terus menurus, apa gunanya jadi wartawan, mending jadi selebgram saja. Kemarin, selasa tanggal 24 juli, saya liputan tentang rapat paripurna ke 172 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi gorontalo. Tujuan rapat paripurna tersebut adalah Dalam rangka membahas ranperda tingkat ll tentang pertangungjawaban pelaksanaan APBD provinsi gorontalo tahun 2017. Untung saja rapat kemarin tidak lempar-lempar kursi kaya’ di tv tv gitu, alhamdulillah para wakil rakyat di daerah saya masih waras.

Rapat Paripurna di pimpin langsung oleh Ketua Dewan provinsi DR. Drs. PARIS R.A JUSUF. S sos. I. M.Si dan di dampingi para Wakil Ketua Dewan, Sekretaris DPRD provinsi gorontalo H.SUL A .MOITO, S,Ag, ME. Dan juga di hadiri Wakil Gubernur Gorontalo dan Forum koordinasi pimpinan daerah Provinsi Gorontalo, Pimpinan SKPD se provinsi gorontalo. Di hadiri juga para Pimpinan dan Anggota Dewan, Pj sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo. Kemudian Rektor/pimpinan Perguruan Tingi se Provinsi Gorontalo, Para asisten, Staf ahli Gubernur, Pejabat instansi vertikal, Pejabat eselon ll dan lll se Provinsi Gorontalo.

Selesai rapat paripurna, dilanjutkan penandatangan persetujuan bersama antara Dewan Perwakilan Daerah dan Kepala Daerah Provinsi Gorontalo tentang peraturan daerah serta pertangungjawaban pelaksanaan APBD provinsi gorontalo. Usai penandatangan bersama, saya pun nimnrung dengan para wartawan dari berbagai media. Media cetak, radio, online semua ada, saat itu Ketua DPRD Provinsi Gorontalo FARIS R.A JUSUF menyampaikan, Beliau sependapat dengan apa yang di sampaikan oleh Gubernur melalui Wakil Gubernur gorontalo bahwa, “peraturan daerah (perda) yang tidak produktif dan tidak bermanfaat, sebaiknya tidak di usulkan dalam rapat”. Oleh sebab itu ketua dewan berharap kepada pihak eksekutif dalam menyusun peraturan daerah sebaiknya menkaji dulu lebih dalam dan tepat tentang semua aspek pemanfaatan perda sebelum di adakan rapat”.

Selain itu, Bapak Ketua DPRD Provinsi Gorontalo juga bilang bahwah “Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Gorontalo tidak mengejar kuantitas tetapi yang di kejar adalah kualitas karna menurutnya tak adagunanya, begitu banyak perda namun tidak berkualitas dan juga itu hanya buang-buang angaran”. Kira-kira ini hasil lipatan saya kemarin, rasanya biasa-biasa saja kurang greget. Meski kurang greget beritanya, tapi itu fakta. Akan jadi greget kalau nantinya hasil rapat paripurna tidak terealisasi, diselewengkan, atau seperti kata Bapak Ketua “ Bayak Perda tidak berkualitas hanya buang-buang angaran”. Kalau itu terbukti, jadilah berita greget, itu pun kalau ada yang berani tulis. Mudah-mudahan saat waktu itu tiba saya jadi  berani, Mudah-mudahan! Tidak ada pripurna yang sempurna, lempar-lempar meja, banting kursi mungkin hal biasa bagi sebagian wakil rakyat dan pelayan rakyat. Yang perlu di ketahui adalah, tidak penting bagi rakyat yang namanya ribut-ribut di ruang rapat, yang penting bagi rakyat adalah implementasi sempurna dari Perda tersebut. Bagaimana pun citra wakil rakyat dan jusnalis atau wartawan di indonesia, saya akan tetap optimis bahwa masih ada wakil rakyat, gubernur, wakil gunernur dan pemimpin-peminpin lain yang jujur di daerah ini. Wartawan, jurnalis kritis pun pasti masih ada. Insyaallah saya akan menjadi salah satunya. Amin!

Rizky M/sajaddahlive

arpan