Its My Family

Mudik Membawa Si Kecil, Kenapa Tidak?

oleh Mr Ben

12 June 2018

Sebentar lagi, umat Islam akan merayakan Hari Kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Hari kemenangan memang ditunggu-tunggu karena menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama sanak saudara, apalagi bagi orang-orang yang melakukan perjalanan mudik. Dapat dibayangkan suasana bahagia dan haru yang dirasakan oleh para pemudik karena dapat berkumpul bersama sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu di kampung halaman.

Selain menyenangkan, mudik juga menjadi kegiatan yang cukup merepotkan dan cukup melelahkan, terutama bagi pemudik yang membawa balita. Para ibu harus menyiapkan segala keperluan balita yang biasanya tidak sedikit dan membawanya bersama dengan keperluan Sang Ibu. Belum lagi ditambah dengan kekhawatiran ibu pada Si Kecil selama di perjalanan.

Berdasarkan pengalaman para ibu yang mudik membawa balita, dua hal tersebut menjadi kendala yang cukup besar. Sudah terbayangkan rasa lelah yang berlipat karena harus membawa banyak keperluan Si Kecil, perjalanan yang cukup jauh, kemacetan yang akan dihadapi, Si Kecil yang rewel karena lelah dan bosan di jalan, belum lagi harus berdesakan jika menggunakan kendaraan umum.

Jika membayangkan semua itu, rasanya tidak ingin mudik. Tetapi membayangkan bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman, suasana hangat, bahagia, dan haru yang akan dirasakan, serta berbagi cerita yang menyenangkan, membuat para ibu tidak gentar menghadapi kendala dan rasa lelah yang akan dialami. Nah, bagi para ibu yang mudik membawa balita, sepertinya tips-tips berikut ini dapat dicoba.

  1. Amati Kebiasaan Si Kecil
    Sebagai seorang ibu, pasti sudah hafal pada kebiasaan Si Kecil. Nah menjelang mudik, tidak ada salahnya jika ibu dan ayah mengamati kebiasaan Si Kecil lebih detail. Misalnya, hal yang harus dilakukan jika Si Kecil rewel, jam tidur Si Kecil, jam-jam Si Kecil buang air, dan situasi seperti apa yang membuat Si Kecil merasa tenang.
  2. Siapkan Segala Keperluan Si Kecil
    Mudik membawa balita berarti harus siap dengan bawaan yang terhitung banyak. Karena itulah, keperluan Si Kecil harus benar-benar disiapkan, seperti pakaian, peralatan mandi, susu, termos kecil untuk air hangat, camilan, makanan, hingga obat-obatan Si Kecil.
  3. Jaga Kesehatan Si Kecil
    Orangtua harus benar-benar menjaga kesehatan Si Kecil agar perjalanan mudik menjadi menyenangkan. Coba bayangkan jika saat mudik, Si Kecil sakit. Pasti perjalanan mudik menjadi terganggu dan rasanya ingin di rumah saja sampai Si Kecil sehat kembali.
  4. Pilih Moda Transportasi Yang Tepat
    Banyak moda transportasi yang dapat dipilih saat mudik, mulai dari moda transportasi darat, laut, hingga udara. Dari sekian banyak moda, pilihlah yang nyaman, aman, dan sesuai dengan Si Kecil.
  5. Sesuaikan Perjalanan Mudik Dengan Pola Biologis Si Kecil
    Bagi pemudik dengan jarak jauh, alangkah baiknya jika memilih waktu mudik pada sore atau malam hari karena biasanya, inilah saatnya Si Kecil tidur. Dengan melakukan perjalanan mudik sore atau malam hari, Si Kecil akan merasa lebih nyaman.
  6. Siapkan Aktivitas Agar Si Kecil Tidak Bosan Di Perjalanan
    Menempuh perjalanan jauh, belum lagi ditambah dengan kemacetan yang panjang, pasti membuat Si Kecil merasa bosan. Jika sudah begitu, biasanya Si Kecil akan rewel yang berujung pada tersulutnya emosi Sang Ibu. Untuk menghindari hal ini, ajaklah Si Kecil untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti bernyanyi, bermain dengan mainan yang dibawa, dan membaca buku cerita.

Dari tips-tips tersebut, ada satu tips paling penting yang harus dilakukan, yaitu berdoa pada Sang Pencipta agar selalu dilindungi selama di perjalanan hingga sampai ke kampung halaman. Semoga tips-tips tersebut dapat menghilangkan kekhawatiran para orangtua, khususnya para ibu, untuk mudik bersama Si Kecil. Selamat mudik!

Mr Ben

Berawal dari mendirikan sebuah Lembaga Penyiaran Swasta, sejak saat itu visi terus berkembang | Pendiri dan CEO Fokus Media Group | cyberlabpro | itsme.id | SajaddahFM | SajaddahLive | PanuaFM | SorbanFM | Hidayah Bangsa Fondation | Penikmat Kopi Hitam |