Its NOT Me

Minta, gak harus maksa!

oleh DerielHD

10 June 2019

Terkesan memaksakan kehendak, begitu kira-kira gambaran pada sebuah video yang sedang viral beberapa waktu yang lalu mengenai serombongan orang yang datang meminta sumbangan ke sebuah minimarket ternama di Aceh.

Diketahui, sekelompok orng ini datang ke sebuah minimarket, bukan dengan tujuan untuk beberbelanja, namun untuk meminta sumbangan. Seorang dari penjaga minimarket akhirnya memberikan uang Rp.1000 sebagai sumbangan. Namun, bukannya berterima kasih, seorang pria berbaju putih dan berbaju abu-abu langsung marah-marah kepada penjaga toko.

Mereka membandingkan penjaga toko yang memberikan sumbangan Rp. 1000 ini dengan pedagang sayur di pasar yang memberikan Rp. 100,000 sebagai sumbangan. Bray, minta sumbangan ya minta aja, gak harus marah-marah dan memaksakan berapa jumlah yang harus diberikan. Berapapun nilainya, tetap itu namanya sumbagan. Lagipula, itu bukan toko mereka, jadi mereka tidak memiliki hak untuk mengambil uang dari kotak kasir mereka untuk diberikan. Ok, mungkin ada yang bertanya, mengapa tidak diberikan dari uang pribadi saja? Ya, penulis bertanya kembali, bagaimana jika kebetulan penjaga-penjaga toko itu tidak memiliki uang saat itu?

Attau ada juga ibu-ibu yang datang minta sedekah dari rumah ke rumah. Berjalan bergerombol sambil membawa anak-anak yang sudah dilengkapi dengan tas kresek sebagai wadah untuk mengumpulkan sedekah dari setiap rumah yang mereka datangi. Biasanya ibu-ibu ini tidak akan pergi sebelum mendapatkan apa yang mereka inginkan. Bahkan penulis sempat mengalami sendiri, rumah diketok sekencang-kencangnya supaya yang punya rumah segera keluar untuk memberikan sedekah. Oh ya, dilihat dari bentuk penampakan ibu-ibu yang bergerombolan itu, mereka masih tergolong muda dan mampu untuk melakukan pekerjaan dan mendapat gaji yang layak.

Sob, penulis rasa kita semua sangat mengerti dan paham mengenai etika menyumbang dan meminta sumbangan, tidak perlu ada desakan atau paksaan yang dilibatkan. Penulis rasa semua orang di dunia ini paham betul bahwa adalah lebih baik memberi daripada menerima. Lebih baik tangan di atas daripada tangan di bawah. Iya kan? Dan penulis juga tahu bahwa dalam urusan sedekah itu sudah menjadi urusan masing-masing manusia dengan Tuhan dan sudah ada organisasi-organisasi atau yayasan yang setiap bulannya mengumpulkan sedekah dari banyak dermawan untuk diberikan kepada mereka yang kurang mampu.

Tidak harus ada paksaan! Sadar bahwa kitalah yang membutuhkan, bukan mereka. Baik meminta maupun dalam hal memberi semua harus didasari oleh perasaan yang ikhlas. Semuayang kita miliki asalnya dari Tuhan. Kita tidak akan auto-miskin hanya dengan memberikan sedikit dari kelebihan kita, demikian juga, bahwa orang pasti akan memberikan pertolongan (sedekah) kepada kita jika kita meminta dengan cara yang santun sebagaimana seseorang yang membutuhkan.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis