Its My Life

Menjaga Toleransi di Tengah Keberagaman

oleh DerielHD

10 June 2019

Indonesia merupakan negara besar dengan tingkat keberagaman yang tinggi. Bermacam-macam suku, bahasa, dan budaya, menghiasi luasnya Indonesia. Tidak ketinggalan lima agama dan berbagai aliran kepercayaan yang juga ikut menambah indahnya keberagaman di Indonesia.

Benar bahwa Indonesia adalah negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia. Penganut agama Islam terbsar loh ya, bukan negara Islam terbesar. Secara singkat, negara kita bukanlah negara Islam, akan tetapi negara dengan landasan negara Pancasila dan UUD 1945.

Karena keberagaman itulah maka sangat mudah juga perselisihan dan gesekan kemudian terjadi di tengah masyarakat, mulai dari kelas menengah ke bawah hingga menengah keatas. Gesekan yang memiliki peluang untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa yang susah payah diraih dengan keringat dan darah dari para penjajah.

Berpuluh-puluh tahun Indonesia sudah merdeka, dan ditengah keberagaman yang ada, toleransi itulah yang mengikat dan mempersatukan. Suku menghargai dan menghormati suku, budaya dilestarikan, berbagai macam bahasa suku dipelajari untuk bisa asling berkomunikasi dengan baik, hingga saling menghargai antara agama yang satu dengan agama yang lainnya. Semuanya dilakukan atas nama toleransi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam prosesnya akan ada hal-hal atau peristiwa yang kemudian bisa menjadi pemicu terjadinya konflik antar golongan, itu hal yang lumrah dan masih sangat wajar. Manusiawi jika kita masih ada rasa tersinggung, rasa marah, atau juga rasa kecewa dengan tetangga atau siapa saja orang yang kita kenal. Semuanya itu masih bisa dimaklumi. Yang tidak bisa dimaklumi adalah jika hanya karena rasa kecewa atau rasa marah kita, kita kemudian tersinggung dan menjadi marah dengan orang lain yang ada di sekitar kita.

Ya, toleransi adalah tali pengikat yang sangat berguna untuk menjaga keutuhan sebuah bangsa. Bukan hanya mengenai sebuah bangsa saja, jika orang-orang dalam sebuah komunitas tidak memiliki sikap toleransi maka dapat dipastikan bahwa komunitas atau kelompok tersebut tidak akan harmonis dan bertahan lama.

Kita bisa saja berbeda, entah itu dari segi warna kulit, bahasa yang digunakan, jenis rambut, pandangan dan pilihan politik, hingga agama yang kita anut, namun diatas semuanya itu sikap saling menghargai dan menghormati haruslah menjadi yang paling utama. Untuk kepentingan bersama, bukan kepentingan individu atau masing-masing kelompok. Toleransi untuk Indonesia yang lebih baik.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis