Its NOT Me

Mantri gugur saat bertugas, haruskah?

oleh DerielHD

26 June 2019

Kembali dunia kesehatan Indonesia berduka. Seorang petugas kesehatan di pedalaman Papua harus meregang nyawa di tempat dirinya bertugas karena sakit malaria yang di deritanya.

Mantri Patra, begitu dia dipanggil oleh warga Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Merupakan seorang petugas kesehatan yang memiliki dedikasi yang tinggi. Dan apa yang dilakukan oleh mantra Patra menjadi cambuk bagi dunia kesehatan Indonesia sekaligus inspirasi bagi semua petugas yang mendedikasikan hidupnya untuk kesehatan masyarakat pedalaman.

Dari berbagai pihak sudah mengucapkan belasungkawanya, namun apakah ini murni kecelakaan ataukah ada faktor kelalaian dari pihak lain? Seperti kita ketahui dari berbagai pemberitaan di media massa, bahwa perjalanan dari puskesmas tempat Mantri Patra bertugas bisa memakan waktu 3-4 hari berjalan kaki karena akses jalan yang belum bisa dilalui oleh kendaraan apapun, salah satu alat transportasi tercepat ya dengan menggunakan helicopter.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten sendiri sudah memberikan pernyataan mengenai helikopter yang tidak tersedia. Kepala Puskesmas terkait juga sudah menyampaikan hal tersebut kepada Kepala Dinas Kesehatan supaya bisa mendapatkan bantuan helicopter untuk mengevakuasi Mantri Patra dari lokasi yang sangat terpencil itu.

Bukan kali ini saja kita mendengar ada petugas kesehatan yang harus meregang nyawa, dikalahkan oleh medan di tempat mereka bertugas. Pada tahun 2015 ada seorang dokter yang meninggal karena terserang malaria saat bertugas di pelosok Papua, kemudian pada februari 2019 kemaren ketika seorang dokter dan seorang mantra meninggal setelah perahu yang mereka tumpangi terbalik di Papua, dan masih banyak lagi.

Pertanyaannya, haruskah hal ini terjadi? Ya, ini sudah menjadi tanggung jawab mereka untuk mengabdi di pelosok negeri ini. Akan tetapi, apakah ada perhatian khusus tentang keselamatan mereka yang bertugas jauh dari transportasi dan mungkin infrastruktur yang memadai?

Penulis rasa, tidak perlu lagi ada petugas kesehatan yang harus meninggal karena keterbatasan infrastruktur dan sumber daya lainnya. Inilah mengapa pembangunan infrastrukut seharusnya merata dan menjangkau hingga ke seluruh pelosok negeri. Sekian tahun Indonesia merdeka dan masih banyak daerah yang belum bisa menikmati jalan yang layak, listrik, hingga kesejahteraan.

Semoga bangsa ini bisa segera berbenah, lebih banyak berkarya daripada nyinyir, dan melakukan segala sesuatu yang terbaik untuk memajukan bangsa Indonesia, agar supaya tidak akan ada lagi yang mengalami nasib serupa dengan Mantri Patra, atau bahkan anak-anak bangsa lainnya yang mengabdikan hidup mereka untuk bangsa ini.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis