Its My Life

Lakukan hal ini supaya kembali semangat setelah liburan

oleh DerielHD

8 January 2019

Guys.. Libur telah usai, liburan kemana aja nih? Pasti ada pengalaman-pengalaman menarik yang didapat dong ya.. Nah, saatnya kembali kembali ke rutinitas kita. Bagi yang masih suka bermalas-malasan, ingat, tugas dan tanggung jawab sudah menanti di tahun yang baru ini. Yah meski ada keengganan karena mungkin badan masih terasa capek setelah aktifitas liburan yang melelahkan.

Sebagian besar dari kita mungkin saja juga masih enggan meninggalkan suasana liburan. Kalaupun sudah kembali ke rumah masing-masing, tetap aja masih ada rasa enggan untuk kembali beraktifitas. Nah, tim itsme.id sudah merangkum beberapa hal yang bisa saja sobat lakukan untuk kembali semangat dalam menjalankan segala aktifitas setelah lliburan yang panjang.

Pikirkan kesenangan saat bekerja

Kedengaran aneh memang, akan tetapi tidak banyak yang menyangka bahwa dengan memikirkan betatap senangnya saat kita bekerja, maka otak kita secara otomatis akan mulai membiasakan diri untuk kembali sibuk dengan rutinitas pekerjaan. Butuh proses memang, namun ya memang sudah seharusnya seperti itu. Dengan memikirkan sisi positif pekerjaan kita, maka pikiran senang dan bahagia dengan pekerjaan akan membantu kita untuk kembali semangat.

Mulailah dengan menyusun jadwal dan kegiatan kerja

Hal ini sangat dianjurkan. Menyusun kembali jadwal atau daftar kegiatan kerja sangat membantu kita untuk kembali terbiasa dengan suasana kerja setelah aktifitas libur yang panjang. Dimulai dari kegiatan yang ringan, menengah, hingga berat, hingga kemudian otak kita mulai tertantang untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan tersebut sedikit demi sedikit.

Datanglah lebih awal ke tempat kerja

Tidak banyak orang yang bisa melakukan hal ini, aapalagi jika baru pulang liburan ya. Dan juga bagi kalian yang masih suka bermalas-malasan ketika hari pertama kerja. Jangan deh! Segera paksa diri sobat untuk bengun lebih pagi, mempersiapkan diri, kemudian berakngkat lebih awal untuk bekerja. Biasanya, langkah awal sangat menentukan proses dan hasil akhir dari pekerjaan kita sepanjang tahun lho sobat.

Bekerja secara perlahan

Jangan buru-buru sob.. otak, badan, semua anggota tubuh kita butuh menyesuaikan dengan suasana kerja di tahun yang baru. Pelu waktu untuk tubuh kita kembali menyesuaikan. Jadi bekerjalah secara perlahan. Mulailah dengan mengerjakan bagian yang paling mudah terlebih dahulu, karena bisa jadi kalau dipaksakan maka perasaan tidak menyenangkan justru akan mengganggu dan memperlama pekerjaan kita.

Aturlah waktu dengan bijaksana

Bener sob, aturlah waktu kerja dengan bijaksana. Berangkat lebih awal ke tempat kerja, ambil waktu untuk menenangkan diri saat tiba di kantor, istirahat sesuai dengan waktu yang sudah diatur, maksimalkan waktu kerja yang ada dan kemudian setelah waktu kerja usai, segeralah pulang ke rumah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga hingga kemudian beristirahat.

Minta bantuan atau petunjuk rekan kerja

Saat pikiran mengalami kebuntuan dihari pertama kerja? Atau sobat gak tau memulai dari mana? Meminta bantuan dari rekan kerja bisa menjadi solusi pintar untuk sobat. Yah setidaknya bisa memberikan ide atau masukan yang bermanfaat supaya sobat bisa memulai pekerjaan dengan penuh semangat. Selain itu, meminta bantuan rekan kerja bisa mempererat komunikasi dan ikatan kerjasama.

Ciptakan suasana kerjamu sendiri

Suasana liburan memang bisa sangat mempengaruhi suasana kerja di hari pertama. Apalagi jika ada rekan kerja yang masih ogah-ogahan untuk kembali menjalankan tanggung jawab. Berat.. nah salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara jangan terpengaruh dan ciptakan suasana kerja sobat sendiri. Berkomunikasi seperlunya, dan hindari rekan kerja yang masih malas untuk bekerja. Insya Allah kita bisa kembali bersemangat dalam menjalankan segala tugas dan tanggung jawab.

Nah sobat, itulah beberapa tips yang bisa itsme.id rangkum untuk membantu sobat dalam mengembalikan semangat kerja setelah liburan. Seharusnya sih ya, liburan bisa membantu kita menghilangkan stress dan segala macam ketegangan lain disaat bekerja sehingga kita menjadi segar kembali untuk menjalani segala rutinitas kerja. Selamat bekerja ya sobat.. teruslah berkarya untuk masa depan yang labih baik.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis