Its NOT Me

Kisah Usang Tentang Perempuan

oleh arpan

3 September 2016

itsme.id- Setiap tahun kita melewati 21 april sebagai hari yang melambangkan keperkasaan perempuan, namun polemik antara perempuan dan laki-laki bukanlah hal yang sempit atau sebatas perbedaan jenis kelamin, struktur organisasi dan perbedaan fisik, tetapi telah merajai pada pebedaan sosial. Oleh karena kesenjangan ini perempuan seperti masih berada di pinggiran arena. Pikiran seperti ini terkadang masih membuat perempuan mendapatan perlakukan kekerasan dari “pihak laki-laki”, satu contoh adalah melalui kekerasan fisik dan kekerasan simbolik (iT’s NOT Me).

Hari ini, awal september kita masih melihat pemarjinalan perempuan. Kekerasan dan penganiyaan terhadap perempuan masih terjadi dimana-mana, dan berabad-abad lamanya teragedi yang sama berulang dan terus terulang. Bahkan, perempan kerap mendapatkan gambaran buruk dari berbagai wacana. Seperti dalam sebuah kisah usang yang menyatakan: Jika kau gagal mengutus setan dan iblis untuk menggoda seseorang yang berhati mulia, maka kirimkanlah seorang perempuan.

Walaupun kisah usang tersebut bisa ditafsirkan berbeda, namun titik beratnya adalah menegaskan bagaimana perempuan lebih keji dibanding setan dan iblis. Apapun bentuknya, persoalan perempuan akan menjadi tanggung jawab kita bersama, karena derita yang masih di alami perempuan hingga hari ini adalah kesalahan sejarah bersama. Maka kemerdekaan atasnya adalah persoalan bersama. (deska)

arpan