Its My Family

Kerja di rumah enak? Tidak semudah itu, sobat

oleh DerielHD

16 July 2019

Bener sob, nda semudah yang sobat pikirkan. Mungkin banyak dari sobat sekalian yang berpikir bahwa bekerja dari rumah merupakan hal yang menyenangkan. Eh, itu menurut sobat, penulis yang merasakan sendiri bagaimana susahnya bekerja di rumah.

Mungkin penulis bisa berbagi sedikit beberapa hal, positif dan negatif, ketika bekerja dari rumah.

Kita mulai dari sisi positif dulu ya..

  1. Bisa mengatur waktu kerja sendiri
    Ya, otomatis waktu kerja ditentukan sendiri oleh kita. Kitalah yang memutuskan kapan mulai bekerja, dan kapan waktunya beristirahat. Intinya, Semua kendali ada di tangan kita.
  1. Hemat biaya
    Kerja di rumah juga bisa bikin anggaran atau biaya harian kita jadi jauh lebih berkurang. Misalnya biaya transportasi, makan, dan biaya tak terduga lainnya, itu semua bisa dipangkas dan bisa berhemat sedikit buat liburan bersama keluarga.
  1. Lebih dekat dengan keluarga
    memang, jika dibandingkan dengan harus bekerja di kantor dan menghabiskan waktu hingga 12 jam sehari, tidak ada yang bisa menandingi nikmatnya waktu yang dihabiskan dekat dengan keluarga. Bekerja diari rumah terbukti bisa membuat hubungan dengan anggota seluruh anggota keluarga menjadi baik dan makin dekat.

Hal negatifnya?

  1. Mengenai waktu
    Cenderung tidak taratur, jika sobat tidak bisa disiplin. Meskipun sobat bisa mengatur waktu, namun ada saja factor yang bisa menjadi pengacau keteraturan waktu yang sobat sudah buat. Misalnya sobat bisa keasyikan bermain bersama anak sobat atau sobat bisa terlalu santai hingga lupa waktu untuk bekerja.
  1. Mengenai Biaya.
    Benar bahwa ada biaya yang mungkin saja terpangkas ketika sobat bekerja dari rumah. Akan tetapi sebenarnya tidak sebanyak seperti yang sobat bayangkan, karena tetap aka nada biaya lain yang muncul sebagai pengganti biaya yang dihemat tadi, misalnya buat biaya ngemil, beli kopi, dan lain-lain.
  1. Cibiran orang
    Mungkin tidak akan terlalu terasa jika sobat tinggal jauh dari keramaian atau tidak tinggal di daerah perkampungan. Akan tetapi jika sobat tinggal di perkampungan atau kompleks perumahan, maka siap-siaplah untuk menghadapi cibira orang. Entah itu berupa kecurigaan sobat selingkuh dengan pembantu, atau kecurigaan bahwa sebenarnya sobat itu adalah pengangguran.
  1. Kedekatan dengan keluarga
    Mengenai kedekatan dengan keluarga, siapa yang tidak menginginkannya. Sekali lagi, tidak ada hal yang mampu menggantikan waktu-waktu yang dihabiskan bersama keluarga di rumah. Akan tetapi jika berbicara mengenai pekerjaan, maka bersiaplah untuk pintar-pintar memilah antara waktu bersama keluarga dan waktu untuk bekerja. Karena jika salah, bukan malah kedekatan yang didapatkan tapi malah hubungan yang tidak menyenangkan dengan anggota keluarga.

Mungkin itu beberapa hal positif dan negatif mengenai bekerja dari rumah. Benar memang bahwa lebih enak untuk bekerja dari rumah ketimbang harus duduk dan menghabiskan waktu seharian di kantor. Akan tetapi, jika yang menjadi standar adalah apa yang orang katakan mengenai sobat yang bekerja dari rumah, semuanya tidak akan berjalan seperti sebagaimana mestinya.

Bekerja dimana saja asalkan tetap fokus dan berusaha untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, maka akan terasa menyenangkan.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis