Its My Life

Kemenangan itu milik seluruh rakyat Indonesia

oleh DerielHD

18 April 2019

Setelah kurang lebih tujuh bulan masyarakat Indonesia disibukkan dengan pembahasan copras-capres, hari ini (17 April) menjadi puncaknya. Maaf, cebong dan kampret berbondong-bondong pergi ke Temat Pemungutan Suara untuk melaksanakan kewajiban mereka sebagai warga negara, dan untuk mendukung siapa yang mereka jagokan untuk memimpin. Dengan satu tekad, yaitu untuk sebuah kemenangan.

Kemenangan? Kemenangan siapa? Siapa yang sedang berkompetisi? Kompetisi apa? Seharian duduk di TePe’eS memunculkan ide di kepala saya untuk menuliskan ini supaya bisa dibaca oleh seluruh pembaca itsme.id, bahwa kompetisi itu tidak ada di elite yang sedang mencalonkan diri sebagai pemimpin, kompetisi itu ada diantara masyarakat Indonesia. Bahkan akhir-akhir ini kompetisi itu semakin tidak sehat dan seakan-akan mulai beralih dari kompetisi waras hingga akan berujung kepada kericuhan.

Ya, tujuh bulan lamanya masyarakat Indonesia dipusingkan dengan siapa yang ingin jadi pemimpin negara dan yang paling parah, masyarakat juga dipusingkan dengan berbagai macam pemberitaan yang berseliweran di media sosial mengenai baik dan buruknya calon tersebut. Tidak perduli apakah itu berita hoax hingga berita benar, semuanya ‘dikonsumsi’ oleh warga yang sama sekali tidak mengerti.

Sejatinya, kemenangan Pemilu ini adalah kemenangan seluruh masyarakat Indonesia, seharusnya. Siapapun pemimpin yang terpilih, dia adalah pemimpin seluruh bangsa Indonesia dan bukan pemimpin satu golongan atau kelompok saja. Tidak boleh ada klaim-klaiman, tidak boleh ada pendiskreditan, apalagi sampe saling mengintimidasi. Tidak boleh! Kita ini adalah bangsa Indonesia.

Benar bahwa para elite di atas sana sedang bertarung untuk memperebutkan kursi pemimpin, akan tetapi ‘pertarungan’ sesungguhnya ada diantara masyarakat yang, sekali lagi, akan memberikan hak suara mereka untuk memilih pemimpin. Mengapa? Ya, karena mereka, ada banyak masyarakat yang saling bersebelahan dan cenderung terpecah belah. Pertemanan, persahabatan, hingga ikatan keluarga, menjadi taruhan yang sangat mahal nilainya. Sementara para elite itu, mereka dengan senang dan bahagianya ‘menuai’ hasil dari pertarungan masyarakat yang ada di bawah.

Makanya penulis akan terus mengingatkan bahwa kemenangan itu bukanlah miliki para elite, akan tetapi milik masyarakat Indonesia. Kemanangan sesungguhnya ada ditangan setiap warga yang sudah memberikan suaranya untuk mendukung salah satu pasangan calon pemimpin, sambil terus berharap supaya pemimpin yang terpilih benar-benar menjalankan amanah dan menjadi pemimpin semua orang.

Untuk Indonesia yang lebih maju dan beradab!

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis