itsme.id – Hijau, Besar, menjulang tinggi walau terkadang pendek, dan membawa kesejukan, adalah sedikit dari ciri-ciri pepohonan yang ada disekitar kita. Dahulu, ketika dunia beserta segala isinya diciptakan, manusia menjadi ciptaan yang paling akhir dari semuanya, mengapa? Karena manusia hanya diperintahkan untuk menjaga dan merawat.

Jika kita mau sedikit mundur kebelakang kemudian melihat sejarah, kita akan menemukan bahwa karya penciptaan Tuhan dimulai dari menciptakan alam, termasuk didalamnya ada segala jenis hewan, pepohonan, dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Dengan kata lain, alam ini adalah pendahulu. Dikatakan dalam sebuah tulisan sejarah bahwa, “Tuhan melihat semua ciptaanNya itu baik. Kemudian diciptakanNya manusia untuk kemudian merawat ciptaanNya yang lain.

Mengapa? Karena manusia diciptakan lebih tinggi derajadnya dari pada mahkluk ciptaan yang lainnya. Ketika manusia diciptakan ke dalam dunia ini, manusia diperlengkapi dengan akal budi, digunakan untuk tujuan yang mulia. Namun waktu yang pada akhirnya berbicara. Sejak jatuhnya manusia kedalam kesombongan dan ketamakan dirinya sendiri, tujuan awal yang indah akhirnya berubah menjadi merusak. Tujuan untuk menjaga dan merawat karya ciptaan Tuhan berubah menjadi keinginan untuk menguasai dan menghancurkan. Manusia dirasuki oleh setan hawa nafsu dan keserakahan.

Akibatnya, dunia sekarang berubah. Keindahan mulai memudar, digantikan dengan polusi dan kehancuran.

Aksi memeluk pohon mungkin hanya sedikit dari aksi-aksi lain yang berusaha menyelamatkan bumi ini dari kehancuran yang sagat cepat. Bagaimana pohon-pohon kemudian ditebang hanya untuk membuka lahan pertanian atau perumahan baru, jalan-jalan, dan lainnya tetapi tidak diimbangi dengan penanaman pohon kembali. Kota-kota besar yang sudah mulai kekurangan lahan terbuka hijau, yang akhirnya memaksa masyarakatnya memilih menggunakan mobil untuk menghindari cuaca panas.

Jika penebangan pohon, yang katanya utuk kemajuan kota, tidak segera dihentikan, kemungkinan kita akan menyisakan warisan kehancuran untuk anak dan cucu kita nantinya. Akal yang dikaruniakan oleh sang pencipta kepada kita, manusia, harus mulai digunakan untuk menemukan formula membangun tanpa menebang pohon yang nyatanya sangat membantu para masyarakat menengan kebawah yang masih memilih berjalan kaki ditengah sejuknya pepohonan. Peluk dan selamatkan pohon disekitar kita, karena satu pohon begitu berarti. (DerielHD)



DerielHD

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media
DerielHD

Latest posts by DerielHD (see all)