Its NOT Me

Kalau Punya Mulut, Tolong Dipelihara!

oleh DerielHD

13 May 2019

itsme.id – Si A,”tanggal berapa kemerdekaan Indonesia?”, si B, “tanggal 32 Agustus!!” Sepintas ini mungkin hal yang biasa kita dengar, apalagi sering menjadi bahan bercandaan. Dari seluruh pelosok Indonesia, mungkin masih banyak lagi bahan bercandaan lain yang “katanya” menghina dan melecehkan lambang negara.

Pantaskah? Mungkin pertanyaan itu harus kita tanamkan dalam pikiran, hati, dan jiwa kita. Apakah pantas lambang negara yang selama ini dibangga-banggakan dijadikan bahan bercandaan? Dimana rasa nasionalisme kita sebagai warga negara Indonesia? Mungkin dulunya saya juga seperti itu, tapi itu dulu, ketika saya masih kecil dan belum mengerti tentang nilai-nilai hukum kenegaraan dan belum bisa memilah mana yang bisa dijadikan bahan bercandaan dan mana yang tidak bisa.

Jika maksud dan tujuan mengatakan lambang sila ke-5 sebagai bebek nungging hanya sebagai bahan lucu-lucuan, apakah pantas? apalagi yang mengucapkannya adalah seorang¬†ikon publik. Untuk ini mari kita sama-sama katakan, IT’S NOT ME!!

Well, gaes… terlepas dari siapapun yang mengucapkannya, adalah lebih berguna dan bermanfaat lebih jika kita mencari bahan yang lain untuk dijadikan bahan lucu-lucuan. Kan masih banyak hal lain yang tidak behubungan dengan lambang negara yang kita banggakan ini untuk dijadikan bahan lelucon. Mungkin para orang tua juga patutu untuk terus memberikan bimbingan kepada anak-anakya sejak dini, supaya bisa semakin menghargai nilai-nilai penting yang berlaku ditengah masyarakat.

Jadi, apakah dia ikon publik, pejabat, atau masyarakat biasa, lebih baik kita memilih untuk menjadi lebih bijak ya gaes, agar supaya bangsa tetangga juga bisa menghormati kita.

Katakan IT’S NOT ME pada apapun yang bisa melecehkan dan menghina Bangsa Kita!¬†(AliHD)

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis