Its NOT Me

Jika kamu gampang tersinggung, artinya kamu lebay!

oleh DerielHD

24 October 2018

Memandangi aktifitas teman-teman medsos saya, terkadang membuat saya tertawa geli sendiri. Isinya macem-macem, mulai dari curat, berdoa, marah-marah, hingga status gak jelas yang cuma ingin diperhatikan orang. Responnya ya macem-macem juga, mulai dari yang tersinggung, hingga yang biasa aja.

Balik lagi nih ya, mengapa media sosial dibuat? Ya tujuan utamanya agar supaya penggunanya bisa bersosial secara online, semisal membagikan info kesehatan, info lalu lintas, menu makanan, dan lain-lain. Ya intinya membagikan sesuatu yang berguna buat pengguna yang lainnya. Nah apa jadinya jika media sosial tersebut akhirnya berubah fungsi menjadi tempat membongkar aib, entah itu milik sendiri atau milik orang lain? Wajar jika ada yang kemudian tersinggung ya.. tapi ya sobat, jika kamu mudah tersinggung dengan sesuatu yang sebenarnya sepele, kamu wajib waspada karena itu adalah tanda-tanda anda adalah orang yang lebay!

baca juga : Media sosial dan genereasi lebay

Lebay, atau melebih-lebihkan segala sesuatu, disematkan untuk orang yang selalu merespon segala sesuatu secara berlebihan. Salah? Ya pasti dong.. Namanya aja lebay, berarti yang bersangkutan sudah bertindak berlebihan dan segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik.

Jaman now memang orang-orang cenderung berlebihan dalam merespon apapun. Contohnya aja si Beye yang dikit-dikit selalu mengadakan konfrensi pers untuk klarifikasi berita-berita negatif yang menyerang masa pemerintahannya. Atau di wan abud yang kesal karena dibilang ‘jomblo’ oleh pak Djarot. Oh atau si Wowo yang katanya hutang negara setiap hari naik 1 trilyun dan akan bubar pada tahun 2010 hingga akhirnya kena tipu si Nenek yang katanya dianiaya namun ternyata baru slesai oplas. Kacau kan efek atau dampak dari lebay itu? Akibat lainnya apa? Ya dikit-dikit nyinyir dan mengkritik tanpa solusi.

Gak usah lebay deh.. Biarkan segala sesuatu berjalan dengan sebagaimana mestinya. Jika sobat merasa perlu untuk bereaksi, ya silahkan bereaksi dengan sewajarnya. Jika sobat merasa perlu untuk klarifikasi, ya silahkan klarifikasi seperlunya;

baca juga : Maaf Tuhan, selama ini aku hanya lebay dengan derita hidupku

Terkadang ya, menurut saya, dibutuhkan kerendahan hati dari orang tersebut untuk kemudian merespon segala sesuatu dengan bijaksana, dan dibutuhkan tingkat kedewasaan yang tinggi juga untuk bagaimana bereaksi dengan benar dalam setiap situasi.

Jika kamu gampang tersinggung, maka itu artinya kamu bekum cukup bijak, belum cukup dewasa, dan lebay! Gak perlu lebay ya sobat, terimalah segala sesuatu dan responlah dengan bijaksana, itu baik untuk kita dan untuk hubungan sosial kita dengan sesama.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis