Its NOT Me

Jangan Sampai Usia Hanya Akan Menjadi Sebuah Angka

oleh arpan

2 February 2017

itsme.id- Semakin kita dewasa, pantasnya kita semakin bisa untuk tidak hanya memikirkan diri sendiri. Namun juga memikirkan orang lain. Ada banyak hal dalam hidup ini yang didesain tidak untuk memperoleh keuntungan pribadi, melainkan untuk kemaslahatan bersama. Ego akan terus menuntut diri kita untuk mecari keuntungan pribadi sebanyak-banyaknya. Namun, kedewasaanlah yang sanggup mengendalikan ego kita.

Dengan menjadi dewasa, kita mampu memikirkan apa yang pantas kita peroleh untuk diri sendiri dan apa yang bisa kita kontribusikan untuk kepentingan bersama. Pribadi yang dewasa jugalah yang bisa menempatkan kepentingan bersama di atas keinginan yang bersifat personal.

Beberapa orang  barangkali belum menemukan kedewasaanya, atau mungkin masih dalam tahap pembentukan menuju dewasa. Bujukan internal untuk memuaskan diri sendiri masih menjadi sesuatu yang belum mampu dijinakkan. Sementara kepekaan terhadap orang lain dan lingkungan sekitar baru tumbuh sedikit di dalam hati. Mereka belum mampu memikirkan manfaat apa yang bisa mereka berikan untuk sesama.

Sebaliknya, beberapa orang yang lain telah cukup dewasa untuk menyikapi berbagai persoalan di kehidupannya. Memang ada pengorbanan atas keinginan pribadi yang harus dilakukan demi tercapainya tujuan bersama, akan tetapi kepuasan yang diperoleh ketika mampu berkontribusi untuk kepentingan umum adalah bayaran yang tidak ternilai harganya. Mereka menemukan arti kebahagian sesungguhnya, yaitu saat mengetahui bahwa mereka berguna bagi orang lain.

Menjadi dewasa bukanlah semata persoalan usia. Secara alami, pertambahan usia memang lebih mematangkan pola pikir serta kontrol diri. Akan tetapi, pengalaman yang ada di sepanjang bertambahnya usia adalah faktor utama yang menjadikan seseorang dewasa atau tidak. Apabila kedewasaan tidak dilatih, maka usia hanya akan menjadi sebuah angka. Teruslah belajar menjadi dewasa, karena orang dewasa tidak pernah berhenti belajar menjadi lebih baik. -Vino Tri Mulia-

arpan