Its My Life

Investasi jaman now!

oleh DerielHD

1 March 2018

iT’s me – baru-baru ini saya diajak investasi cryptocurrency oleh temen saya, yah lumayan, katanya sih buat investasi masa depan. Siapa tau aja nanti harganya bisa semahal bitcoin. Kan lumayan untuk dana pension nanti.

Biar kekinian, saya akan menulis mengenai jenis investasi jaman now. Kalo berbicara investasi, memang akan selalu ada inovasi baru setiap tahunnya. Dan netizen sebagai konsumen selalu menantikan akan ada jenis investasi apa lagi yang akan dikeluarkan oleh pemerintah ataupun pihak swasta. Tidak bisa disangkal, memang kehadiran beberapa investasi, baik itu konvensional maupun digital, sangat membantu banyak pihak, akan tetapi kita sebagai komsumen juga harus pintar-pinta memilih jenis investasi apa yang cocok untuk kita ikuti, karena tidak sedikit juga investasi bodong yang memberikan surga telinga bagi nasabahnya, ujung-ujungnya scam atau penipuan.

Nah berikut beberapa jenis investasi aman jaman now yang masih menjadi pilihan konsumen..

Properti – Masih sangat digemari, bisnis property hingga saat ini masih menjadi primadona dikalangan pelaku investasi. Tak hanya aman, namun juga menjanjikan keuntungan yang terbilang cukup tinggi dan terus naik setiap tahunnya. Namun sayang, kita harus siap-siap merogoh kocek yang cukup dalam untuk investasi ini.
Keuntungan :
-. Risiko kecil
-. Dapat disewakan (kapan saja) sehingga dapat memberi penghasilan tambahan untuk pemilik.
Kerugian :
-. Membutuhkan modal yang besar untuk membeli rumah atau tanah.
-. Properti bukan aset yang likuid karena tidak mudah untuk menjualnya bila suatu saat membutuhkan uang.

Emas – Investasi ini bisa dikatakan tidak membutuhkan modal besar, bahkan ada beberapa BUMN seperti pegadaian.tbk menyediakan fasilitas kredit emas dengan uang muka yang sangat terjangkau. Jadi siapa saja bisa mengikuti investasi yang ini.
Keuntungan :
-. Emas merupakan asset yang mudah dijual
-. Tahan lama
-. Harga cenderung stabil
Kerugian :
-. Emas tidak menjadikan pemiliknya bertambah kekayaan
-. Ada kemungkinan harga turun
-. Tidak bisa memberi penghasilan rutin-.

Reksadana – ini merupakan jenis investasi kolektif. Dana yang dikumpulkan dari para nasabah kemudian akan diputar kembali untuk mendapatkan keuntungan. Setiap keuntungan yang didapatkan akan dibagi rata ke semua nasabah atau investor. Jenis-jenis reksadana adalah reksadana uang, reksadana saham, reksadana campuran, dan reksadana pendapatan tetap.
Kuntungan :
-. Tidak membutuhkan keahlian investasi karena dana dikelola oleh manager investasi
-. Karena diinvestasikan dibanyak usaha/tempat jadi kerugian bisa tertutupi
Kerugian :
-. Sering tidak puas dengan hasilnya
-. Nilai keuntungan jauh lebih sedikit

Saham – Memiliki atau membeli saham sama saja dengan anda memiliki hak kepemilikan terhadap sebuah usaha atau perusahaan. Uang yang kita tanamkan akan dipakai oleh perusahaan tersebut sebagai modal usaha dan biaya operasional lain. Dan nantinya setelah mendapatkan keuntungan, akan dibagi sesuai dengan jumlah investasi yang kita tanamkan.
Keuntungan :
-. Bisa menghasilkan keuntungan besar apabila harga saham naik
-. Sekali menanamkan modal, hasil bisa berlipat
Kerugian :
-. Resiko kerugian tinggi jika harga saham turun
-. Resiko kehilangan saham jika perusahaan bangkrut

Cryptocurrency – Adalah jenis investasi yang bisa digolongkan masih sangat awam ditelinga masyarakat pada umumnya. Hamper sama dengan investasi emas, namun cryptocurrency atau mata uang digital atau bisa juga dikatakan sebagai emas internet, akhir-akhir ini mulai menjadi trend baru dan banyak digemari oleh para pengusaha muda, karena selain mudah, keuntungan yang didapat juga tergolong besar, khususnya untuk jagka panjang. Jenis-jenis crypto adalah Bitcoin, Etherium, Javacoin, dan masih banyak lagi jenis crypto lainnya.
Keuntungan :
-. Tahan lama
-. Mudah dijual kembali
-. Bisa menghasilkan keuntungan besar ketika harga cryto naik
Kerugian :
-. Harga jual yang kurang stabil
-. Resiko kerugian jika harga crypto turun
-. Resiko kehilangan modal jika owner/platform mandek.

Nah sobat, itulah sekilas mengenai jenis investasi jaman now yang sedang menjadi trend dimasyarakat. Pintar-pintarlah mengelola keuangan sobat. Pilihlah jenis investasi yang aman dan yang sesuai dengan kemampuan sobat, jangan dipaksakan. Sekarang ini jamannya “kerja pintar”, saatnya uang yang bekerja untuk kita, bukan kita bekerja untuk mencari uang. (DerielHD)

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis