Its My Life

Inilah beberapa manfaat minum kopi untuk tubuh kita (2)

oleh DerielHD

25 October 2018

Kopi, seakan tak pernah lepas dari kehidupan masa kini. Jika dahulu kala minuman kopi hanya dikonsumsi oleh para orang tua, namun di jaman now ini siapa saja mulai menyukai kopi, bahkan minum kopi menjadi sebuah aktifitas yang tak bisa untuk tidak dilakukan.

Di daerah tempat tinggal saya, para pencinta kopi sudah memulai rutinitas minum kopi dari sejak selesai shalat subuh dan berakhir ketika rumah kopi sederhana itu tutup di tengah malam. Harga kopi yang jauh lebih murah dari harga minuman kopi di kota besar, membuat kopi kampung yang diseduh dengan cara yang tradisional menjadi kegemaran banyak pencinta kopi.

Variasinya juga bermacam-macam, mulai dari kopi biasa atau kopi kosong tanpa gula (begitu biasanya orang jambi menyebut kopi tanpa gula); Kopi Telok, yaitu kopi yang diseduh dengan campuran susu dan sebutir ayam kampong; Kopi Milo, yaitu kopi yang diseduh dengan susu kemasan milo; Kopi Susu, kopi yang seduh dengan krimmer kental manis khusus, dan beberapa variasi lainnya.

Kemarin kita sudah membahas beberapa keuntungan mengkonsumsi kopi untuk tubuh kita. Apa saja keuntungan lainnya?

Mencegah diabetes tahap II

Jika mengkonsumsi yang manis-manis bisa mengakibatkan kita terserang penyakit degenerative seperti diabetes, maka lain ceritanya jika sobat mengkonsumi kopi. Asal sobat tidak menggunakan gula dan krimmer berlebihan maka sobat akan jauh dari diabetes dan juga melindungi organ hati sobat.

Mengurangi resiko terkena kanker kulit

Nah beberapa peneliti yang mengungkapkan rahasia dibalik kopi mengungkapkan, ternyata kaffein dalam kopi juga memiliki khasiat untuk mengurangi resiko terkena kanker kulit, terutama bagi wanita yang mengkonsumsi kopi secara rutin setiap hari.

Membuat anda panjang umur

Manfaat minum kopi terakhir yang disurvey oleh tim itsme.id mengenai manfaat kopi adalah, bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi 2-4 gelas kopi atau secara teratur setiap hari ternyata memiliki resiko kematian sebesar 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka ang tidak mengkonsumsi kopi atau mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Seperti diungkap oleh Annals of Internals Medicine.

Nah sobat, itu dia beberapa manfaat dari mengkonsumsi kopi. Sekali lagi, manfaat tersebut hanya akan didapatkan jika sobat mengkonsumi kopi secara teratur dan sesuai dengan takarannya ya. Jangan berlebihan! Meskipun sobat adalah pencinta kopi, akan tetapi konsumsi kopi yang berlebihan sudah terbukti memperpendek usia hidup sobat.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis