Its My Life

Inilah beberapa manfaat minum kopi bagi tubuh kita (1)

oleh DerielHD

24 October 2018

Sudah sejak lama Indonesia menjadi salah satu negara penghasil biji kopi terbaik di dunia. Bahkan jenis kopi termahal dan terbaik berasal dari Indonesia, yaitu Kopi Luwak. Memang, jika melihat dari cara bagaimana kopi luwak berasal orang awam pastilah jijik, meskipun sudah melewati beberapa tahapan pengolahan yang bersih dan higienis. Dan bagi penikmat kopi, mereka malah penasaran dengan rasa kopi tersebut.

Bagi beberapa orang, rasa kopi yang pahit memang merupakan sebuah kenikmatan tersendiri. Cara pengolahan, dan harga yang beragam tentu saja menjadi hal yang menarik juga dalam perkembangan dunia kopi di Indonesia. Ada yang diolah dengan cara tradisional menggunakan arang, ada juga yang sudah menggunakan mesin espresso. Mulai dari harga Rp.3000 hingga ratusan ribu, membuat minuman kopi digemari oleh semua kalangan, baik tukang ojek hingga pengusaha. 
baca juga : Secangkir kopi asli tanpa gula dan pahitnya kehidupan

Dan dalam perkembangannya, kopi juga dikenal memiliki manfaat baik bagi tubuh di peminumnya. Apa saja?

Merupakan antioksidan yang tinggi
Kopi vs Jeruk
Ya, menurut penelitian beberapa ahli, bukan hanya meminum kopi saja, namun hanya dengan mnghirup aroma kopi saja kita sudah mendapatkan asuan anti oksidan. Kopi merupakan penghasil antioksidan yang tinggi, bahkan 3 kali lebih banyak dari buah jeruk. Antioksidan diperlukan oleh tubuh kita untuk menangkal radikal bebas dan juga membantu tubuh kita melawan berbagai jenis penyakit berbahaya.

Sumber energi untuk kamu yang aktif
Futsal
Untuk kalian yang aktif dan hobi berolah raga, cobalah untuk meminum kopi sebelum beraktifitas. Terutama kopi hitam atau kopi pahit tanpa gula. Kaffein dari kopi dipercaya bisa membantu tubuh kita untuk mengolah energy menjadi lebih baik sehingga kita bisa selalu bugar dalam setiap berolahraga dan juga aktifitas lainnya.

Menghilangkan stress

Nah jika sobat merasa stress dengan apa saja, silahkan coba untuk minum kopi, terutama kopi tanpa gula. Dipercaya bahwa rasa pahit yang berasal dari kopi dan aromanya yang khas bisa membantu sobat untuk rileks dan mengurangi stress. Dan bagi wanita, jika kamu meminum kkopi setiap hari, (kopi tanpa gula lho ya) bisa membuatmu rileks dan terhindar dari stress berlebihan.

Sehat dan aman buat jantung

Terutama minum kopi pahit atau tanpa gula, disarankan oleh beberapa ahli untuk rutin dikonsumsi karena bisa memaksimalkan kinerja jantung dan membuatnya jauh lebih sehat. Hanya saja perlu diperhatikan jumlah dan bataas konsumsinya yak arena jika dikonsumsi berlebihan juga bisa membuat jantung kita malah tidak sehat.

Meningkatkan kinerja otak

Bagi sobat yang memiliki aktifitas berpikir tinggi silahkan menjadi penikmat kopi. Karena kaffein dari kopi telah dibuktikan ternyata bisa bisa membantumu untuk menyerap dan mengingat informasi dengan lebih lama dan juga meningkatkan kreatifitas. Minum kopi cocok disaat sobat lagi rapat dan juga belajar untuk mempersiapkan ujian di sekolah dan kampus.

Bersambung….

 

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis