Featured, Its My Life

Hari Anak Indonesia – Generasi Penerus Bangsa

oleh DerielHD

24 July 2019

Selamat hari anak nasional! Hari ini, 23 Juli 2019, Bangsa kita ramai-ramai memperingati Hari Anak Nasional. Sejatinya anak-anak merupakan generasi baru penerus sebuah bangsa. Masa depan bangsa, dimana saja, ditentukan oleh seberapa berhasil kita –yang sudah tua—mendidik dan memberikan teladan kepada mereka.

Sangat rentan untuk memperlihatkan hal negatif terhadap mereka, salah sedikit maka itulah yang akan mereka tiru untuk masa depan mereka. Misalnya, jika orang tua dari si anak adalah orang tua yang pemarah, bisa saja dikemudian hari anak-anaknya akan memiliki karakter yang sama. Jadi kesimpulan awalnya, jika kita mendidik anak kita dengan kebaikan, maka baik juga masa depan anak-anak itu.

Penulis, dibesarkan di keluarga yang sebenarnya tidak bisa dikatakan baik, akan tetapi meskipun keadaanya seperti itu, penulis tetap dibesarkan dengan nilai-nilai kebaikan dan rasa nasionalisme yang tinggi. Setiap peringatan Hari kemerdekaan, mulai dari jaman TK hingga menginjak kelas 5 SD, penulis dan kakek selalu menyempatkan untuk mendekorasi sepeda untuk persiapan parade kebangsaan. Dan itu adalah hal menyenangkan yang dikerjakan setiap tahun. Belum lagi mendengar cerita-cerita dari kakek yang adalah veteran TNI yang ikut mempertahankan kemerdekaan. Bagi saya, semua hal yang dilakukan dengan alasan Rasa nasionalis adalah hal yang sangat menyenangkan dan membanggakan.

Berbeda dengan kids jaman now. Semua sibuk dengan dunia sendiri, dunia mereka makin terasa sempit sejak gadget menjadi racun yang menggerogoti jiwa mereka. Anak-anak sekarang tidak bisa hidup tanpa gadget dan ini merupakan tantangan terbesar para orang tua jaman ini. Tidak ada lagi keringat, canda tawa bersama teman sebaya, kata-kata halus dan sopan menyapa orang tua yang bertemu di jalan, atau salam ketika pulang ke rumah setelah pulang sekolah. Semuanya tergantikan dengan kosakata kebun binatang dan makian yang seakan biasa saja diucapkan saat ini padahal sangat terlarang dijaman dahulu kala.

Pernah sekali penulis duduk dan mencari inspirasi di sebuah rumah kopi ternama, disitu lagi banyak anak-anak yah siswa siswi SMP dan SMA lah ya, raut wajah mereka terlihat sangat polos dan manis. Masih ada raut muka lugu nan tak berdosa disana. Tiba-tiba salah seorang dari mereka menyapa teman mereka yang baru saja masuk ke rumah kopi itu, “Hey Anj*ng! dari mana aja loe? Kok lama sekali kau datang, B*bi??.” Saya kaget dong, tidak menyangka wajah sepolos itu tetapi mulutnya penuh dengan kebun binatang.

Dan mungkin itu hanya sebagian kecil dari gambaran mengenai kisah ‘inspiratif’ anak-anak jaman now. Melihat keadaan itu, penulis jadi meragukan masa depan bangsa ini. Ditangan anak-anak seperti itu, akan jadi apa bangsa kita kelak?

Tetapi, penulis yakin, diluar sana, jauh dipelosok tanah air ini, ada sekelompok anak-anak yang memiliki cita-cita mulia masa depan bangsa dan sedang berjuang untuk meraihnya. Dengan segala keterbatasan yang mereka miliki, mereka sedang berlari penuh semangat untuk belajar, menuntut ilmu, dan berusaha meraih cita-cita mereka. Ya, mereka sedang berjuang dengan segala sumber daya yang mereka miliki, tidak perduli meskipun mereka harus merangkak untuk dapat meraih apa yang mereka harapkan. Untuk Indonesia yang labih baik! Selamat Memperingati Hari Anak Nasional!!

 

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis