Its My Life

Hal positif dari bermain game, apa saja?

oleh DerielHD

30 April 2018

Selama ini, jika kita mendengar kata ‘main game’, pikiran kita langsung tertuju pada hal negatif. Misalnya, game itu membuat penggunanya menjadi malas, kurang produktif, kurang aktif, dan lain-lain. Akan tetapi, dari segala macam hal buruk yang bisa kita pikirkan meganai dampak dari bermain game, ternyata ada banyak sekali manfaat atau hal positif yang bisa kita dapatkan dari bermain game. Nah kali ini kita akan membahasnya bersama, apa saja dampak atau hal positif yang bisa kita dapatkan kalau kita rutin main game?

  1. Dapat meningkatkan kinerja otak

Para peneliti menemukan bahwa bermain game secara rutin selama satu jam setiap harinya ternyata dapat meningkatkan kinerja otak. Terutama game atau permainan-permainan yang menuntut penggunaan otak secara maksimal seperti permainan strategi misalnya, Starcraft,, ternyata dapat membantu anak dalam menyelesaikan tugas dalam kehidupan nyata dengan lebih cepat. atau bermain game FPS (First Person Shooter), Call of Duty, Half Life, dll. Dapat peningkatan kadar dopamine dan adrenalin dalam otak manusia sehingga sangat membantu untuk meningkatkan kinerja otak.

baca juga : Apa saja komen lucu saat UNBK?

  1. Bermain game dapat memperbaiki penglihatan seseorang

Poin yang satu ini pasti akan membuat emak-emak kecewa. Ternyata anggapan banyak orang selama ini salah. Bermain game tidak bisa merusak mata karena dalam penelitian yang dilakukan baru-baru ini oleh para ahli, ternyata bermain game justru dapat meningkatkan kuaitas penglihatan. Di Mcmaster Univerity, para ahli mengatakan bahwa bermain game memang berdampak pada penglihatan, dipimpin oleh Daphney Moorer, dalam penelitian yang melibatkan beberapa orang dewasa yang mengalami operasi katarak, ditemukan bahwa setelah melakukan operasi mereka masih kesulitan untuk melihat huruf kecil dan mengidentifikasi orang. Dan dalam percobaan, setelah mereka bermain game Medal of Honor selama 40 jam dalam 1 bulan, terjadi peningkatan kualitas penglihatan pada mereka.

  1. Membantu penderita Dyslexia

Dyslexia atau yang lebih dikenal dengan gangguan atau kelainan pada anak dalam membaca dan menulis.

  1. Bermain game dapat meningkatkan fokus dan ingatan pada lansia

Siapa bilang dunia game hanya berlaku untuk anak-anak? Nyatanya, dalam beberapa kasus, orang tua juga membutuhkan waktu untuk bermain game. Mengapa? Sebuah penelitian menemukan bahwa orang tua yang juga menghabiskan waktu 1 jam setiap harinya untuk bermain game dapat mengalami peningkatan dalam mengingat dan fokus dalam kehidupan sehari-hari. (Main game lho ya sobat, bukan mempermainkan perasaan orang lain hehe)

baca juga : Saya jenuh

  1. Bermain game dapat menghilangkan stress

Para ahli juga membuktikan bahwa ketika kita bermain game, ada energy positif yang tercipta dalam tubuh sehingga mampu melepaskan kepenatan dan stress setelah beraktifitas seharian. Bermain game 1 – 2 jam sehari ternyata juga bisa menambah kreatifitas dan produktifitas dalam bekerja.

Nah sobat, itulah beberapa manfaat dari bermain game. Sobat masih punya manfaat yang lainnya? Bisa tulis di kolom komentar. Pada dasarnya, semua manusia, tua maupun muda, membutuhkan cara untuk menghilangkan stress, salah satunya dengan bermain game. Tentunya, semua manfaat dari game hanya bisa ditemukan di luar atau dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, bermainlah seperlunya dan keluarlah untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, untuk berbagi dan merasakan langsung dampak positif dari bermain game.

Dan patut diingat juga bahwa bermainlah seperlunya karena segala sesuatu yang berlebihan itu akibatnya merusak dan berdampak buruk bagi kesehatan.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis