itsme.id – “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari.” Seperti itulah peribahasa yang sering saya dengarkan semasa sekolah dulu. Semasa SD hingga SMA dulu, ada banyak sekali cerita berkesan bersama para guru yang mengajar kami, mulai dari guru yang baik dan perhatian, hingga guru-guru yang terkesan “killer”. Bagi saya dan teman-teman, guru adalah sahabat bermain dan belajar, bagaimanapun juga sebagai anak didik, kami harus bisa mendapatkan perhatian dari guru sehingga bisa dengan mudah mengerti setiap pelajaran yang diberikan.

Tapi yah namanya perubahan zaman, saya tidak lagi melihat banyak anak didik yang menghargai guru mereka, atau bahkan guru yang menghargai profesi mereka sendiri dan juga anak didik mereka. Hingga beberapa waktu yang lalu beredar sebuah video yang memperlihatkan bagaimana sorang oknum guru mengamuk terhadap beberapa muridnya. Sama sekali tidak menggambarkan sosok guru yang harus digugu dan ditiru, atau menjadi teladan untuk para anak-anak didiknya. Belum jelas apa yang mengakibatkan kejadian tersebut, akan tetapi tetap saja kejadian itu sama sekali tidak menggambarkan karakter seorang guru.

Mungkin saja, ada hal yang memicu terjadinya kejadian tersebut, entah dari pihak murid ataukah dari guru itu sendiri, belum ada informasi yang jelas mengenai hal itu. Kita hanya bisa berharap pihak yang berwenag bisa cepat menaggapi hal ini sebelum opini dan asumsi negatif netizen semakin menjadi-jadi. Dan semoga saja, jika kemudian memang ada pihak yang harus bertanggung jawab, kita berharap segera mendapatkan sanksi yang setimpal. Yah, sekali lagi apapun hal yang menyebakan kejadian ini, semoga saja kejadian seperti ini tidak terulang lagi, demi kejuan pendidikan Indonesia! (DerielHD)