Its My Life

Gadget dan Teknologi, Membantu atau Menghancurkan?

oleh DerielHD

13 December 2018

Iya Sob, tidak bisa dipungkiri memang kalo dunia yang kita tinggali semakin berkembang. Saat ini sudah ada orang yang berkeliaran diluar angkasa untuk mengamati bumi yang kita tempati dengan lebih baik lagi, ada juga yang sudah mewacanakan untuk membangun tempat tinggal baru di planet Mars, bahkan ada pengusaha super tajir yang sudah siap untuk menyediakan jasa jalan-jalan ke luar angkasa. Yah terlepas masih ada segelintir orang di negara kita yang masih mengkopar-kapirkan orang, negara kita juga sudah mulai meju kok, hanya saja agak lambat.

Seiring perkembangan jaman, memang dunia teknologi bisa dikatakan memegang peran yang sangat penting dalam membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari. Kita sudah bisa memesan makanan leat banyak aplikasi yang tersedia, memesan transportasi online, hingga belanja keperluan sehari-hari.

Akan tetapi, ternyata dengan makin berkembangnya dunia teknologi, banyak juga penggunanya yang akhirnya seperti kecanduan dan seolah tak bisa lepas dari ketergantungan akan teknologi. Apa saja tanda-tanda orang yang sudah kecanduan teknologi?

  1. Selalu membeli gadget terbaru

Meskipun belum bisa dikatakan sebagai salah satu tanda kecanduan, akan tetapi salah satu indikasi seseorang sudah mulai kecanduan akan teknologi adalah selalu mengupdate gadgetnya dengan versi terbaru atau inovasi keluaran terbaru. Tak jarang mereka akan melakukan apa saja yang bisa mereka lakukan, bahkan ada yang rela mengorbankan sesuatu yang lebih penting untuk membeli gadget yang mereka inginkan.

  1. Selalu memperhatikan layar gadget meskipun tidak ada pemberitahuan (notifikasi)

Orang yang mulai kecanduan gadget akan selalu memperhatikan gadgetnya, bahkan jika tidak ada pemberitahuan apapun, entahkah itu pesan masuk atau panggilan masuk. Karena sudah terbiasa, makan dirinya secara tidak sadar akan memeriksa hape dan memainkannya untuk sekedar mengisi waktu.

  1. Tidur dengan hape dan tablet

Dude! Ini adalah kebiasaan buruk! Sesibuk apapun kamu, tidur dengan gadget sangat tidak dianjurkan, kecuali jika kamu sudah kecanduan. Iya kan? Sekedar sorong kiri dan kanan layar gadget kamu sebelum tidur, dan akhirnya begadang hingga tengah malam. Bukan hanya makin memperburuk kecanduanmu, tetapi juaga berdampak buruk buat kesehatanmu karena waktu tidur yang berkurang dari hari ke harinya.

Nah sobat, setidaknya itulah beberapa hal mengenai, kecanduan, dan pengaruh buruknya terhadap kesehatan kita. Memang, gadget itu bisa sangat membantu menusia sebagai usernya, mengingat bahwa dalam aktifitas keseharian, kita mulai bergantung terhadap gadget.

Namun tak bisa dipungkiri juga bahwa gadget bisa jadi sangat merugikan usernya itu sendiri, apabila tidak digunakan dengan baik dan sesuai fungsinya.

 

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis