Featured, Its My Family

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Anak Sulit Belajar

oleh Mr Ben

21 August 2018

Pada kenyataannya masalah mengenai kesulitan belajar tidak hanya dialami oleh anak kuliahan atau remaja saja melainkan juga si kecil yang belum menduduki usia sekolah. Mungkin Anda dibuat gemas sekaligus geram ketika anak sulit belajar, misalnya mulai berhitung ataupun menghafal huruf. Padahal melatih mereka sejak dini merupakan cara ampuh menunjang perkembangan otak dan kecerdasannya.

Tidaklah mengherankan apabila beberapa orang tua seringkali menggunakan cara cukup kasar bahkan ekstrim pada anak usia tersebut. Contohnya saja dengan membentak atau memarahi jika mereka malas dan tak juga menangkap informasi yang diajarkan. Beberapa diantaranya mengalami tindak kekerasan seperti dipukul, dicubit, atau dihukum dengan beragam cara supaya memberikan efek jera. Katanya semua didikan tersebut bakal melatih mereka menjadi sosok disiplin dan patuh pada orang tua sekaligus mengatasi masalah anak sulit belajar. Akan tetapi benarkah cara demikian itu benar?

Ingatlah Kalau Karakter Tiap Anak Berbeda

Selain marah dan berlaku kasar, terkadang orang tua sering membandingkan anak dengan lainnya. Perlu digaris bawahi dan diingat sepanjang masa jika setiap anak-anak mempunyai karakter dan tingkat pembelajaran berbeda. Jika semuanya sama maka tidaklah perlu didirikan sekolah, playgroup, TK, ataupun berbagai macam instansi pendidikan lain karena tiap anak dilahirkan cerdas tanpa kurang. Pada kenyataannya, ada yang sifatnya cepat belajar, lebih kreatif, pandai dalam perhitungan atau huruf, bahkan lamban menangkap informasi sekalipun.

Menggunakan bentakan, cubitan, ataupun hukuman bukannya mencerdaskan tetapi malah membuat masalah anak sulit belajar makin menjadi-jadi bahkan anak akan menjadi depresi. Mereka malas karena mendapat perlakuan tak menyenangkan, merasa tertekan, ilmu tak mudah dipahami serta ketakutan. Terlebih lagi jika usia mereka masih pra-sekolah sekitar di bawah lima tahunan sehingga sangat membutuhkan perhatian khusus, ketelatenan dan proses belajar rutin tiap hari. Caranyapun berbagai macam, mulai dari menggunakan musik, video pembelajaran, games, mainan edukatif, dan lain sebagainya.

Kenali Penyebab Anak Susah Belajar

Sebelum menemukan metode belajar yang pas bagi si kecil usia tersebut, sebaiknya orang tua tau dahulu apa saja masalah yang sedang dihadapi. Salah satu penyebab anak sulit belajar dipengaruhi banyak faktor, misalnya seperti peran orang tua di rumah. Dalam hal ini Anda bersama pasangan berperan penting dalam perkembangan otak, mental serta karakter mereka.

Jangan terlalu sering mengandalkan babysitter ataupun guru les privat yang diundang ke rumah. Akan tetapi sediakan waktu cukup untuk mengajari mereka sendiri, mulai dari membaca, menulis, berhitung, bermain, menggambar, bernyanyi dan lain sebagainya. Disamping itu masih ada lagi beberapa penyebab lain, seperti:

  1. Kondisi keluarga atau lingkungan rumah yang dapat menganggu konsentrasi sekaligus perkembangan otaknya. Contohnya orang tua sering bertengkar, terlalu protektif atau perfeksionis, kasar terhadap anak, cuek dan lainnya.
  2. Kurangnya fasilitas belajar sehingga anak tak bisa eksplorasi sendiri. Dengan begitu sebaiknya Anda tak hanya menggunakan buku-buku saja melainkan pakai cara modern seperti video animasi, buku bergambar, games, mainan atau mengajaknya belajar di luar ruangan sambil jalan-jalan.
  3. Tidak dibiasakan punya jadwal belajar dan bermain sehingga mereka merasa enggan bahkan malas menaati aturan baru. Oleh sebab itulah mengapa anak sulit belajar dan memilih kabur bermain bersama teman-teman sebayanya.

Solusi terbaik adalah dengan melakukan pendekatan, mengajak ngobrol santai sambil bermain bersama. Cobalah menggali apa saja keinginan dan permasalahan mereka ketika belajar. Kemudian perhatikan juga lingkungan sekitar, mulai dari keluarga sendiri sampai lingkup pertemanan mereka. Dengan begitu Anda menemukan sumber dari masalah kemudian mencari serta menerapkan strategi baru yang lebih jitu untuk mengatas anak sulit belajar.

Mr Ben

Berawal dari mendirikan sebuah Lembaga Penyiaran Swasta, sejak saat itu visi terus berkembang | Pendiri dan CEO Fokus Media Group | cyberlabpro | itsme.id | SajaddahFM | SajaddahLive | PanuaFM | SorbanFM | Hidayah Bangsa Fondation | Penikmat Kopi Hitam |