Its My Life

Fakta menarik menganai Asian Games ke-18

oleh DerielHD

29 August 2018

Tak bisa kita pungkiri bahwa perhelatan pest olahraga se Asia atau Asian Games ke-18 di Indonesia berlangsung dengan sangat luar biasa baik dan meriah. Kita bukan hanya membicarakan event olahraga kampong atau skala nasional, tetapi skala Internasional. Tak tanggung-tanggung, 45 negara ikut mengambil bagian di dalamnya dan beramai-ramai ikut memeriahkan perhelatan akbar ini. Ya iyalah, ini kan olimpiade negara se-asia hehe

Nah, walaupun Asian Games belum selesai diselenggarakan, berikut beberapa fakta unik dan menarik mengenai event besar tersebut, apa aja?

Tuan rumah yang ke-2
Rasa bangga dan haru patut kita rasakan, karena sejak tahun 1962, ini kali ke dua negara kita menjadi tuan rumah ajang akbar tersebut. Ajang yang berlangsung 24 Agustus – 4 September itu dibuka secara resmi oleh Presiden Soekarno di Stadion Gelora Bung Karno. Diikuti 1.460 atlet yang mewakili 17 NOC Asia, multi event ini menampilkan 13 cabang olahraga; atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, tinju, balap sepeda (jalan raya dan trek), hoki, sepak bola, menembak, tenis meja, tenis, bola voli, dan gulat. Asian Games 1962 ini memperebutkan 372 medali emas.

Perolehan Medali emas terbanyak
Harus kita akui dan berikan pujian setinggi-tingginya untuk perjuangan para atlit terbaik Indonesia yang berhasil menorehkan prestasi demi prestasi untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia. Medali-demi medalipun dikumpulkan dari berbagai cabang olahraga. Hingga artikel ini diturunkan, Indonesia sudah menduduki posisi ke-4 klasemen perolehan medali total dengan jumlah medali 27 emas, 19 perak, dan 29 perunggu, dengan total 73 medali. Ini merupakan pencapaian terbaik dalam sejarah keikutsertaan Indonesia dalam ajang Asian Games.

Sapu bersih medali emas cabor pencak silat
Indonesia terus menunjukkan dominasi di cabang olahraga pencak silat dengan mendapatkan total 8 medali emas pada tanggal 28 Agustus kemaren. Hasil itu tentunya sudah jauh melampaui target yang diberikan oleh IPSI sebelum Asian Games dimulai. Jumlah medali dari cabor pencak silat tersebut juga bisa mengalahkan jumlah total perolehan medali emas Indonesia di 3 asian games sebelumnya karena hingga artikel ini diturunkan, para atlet cabor pencak silat masih terus berjuang mendulang medali emas.

Munculnya cabang olahraga elektronik atau e-Sport
Ya, kabar gembira bagi para gamers atau pencinta e-Sports. Setelah melalui proses panjang, cabor e-Sprts akhirnya resmi diikutsertakan dalam ajang Asian Games. Dan sejauh ini, Indonesia sudah menymbang 1 medali emas lewat olah raga ini. Jadi para gamers sejati, segera persiapkan diri untuk Asian games selanjutnya ya.

Pujian dari negara peserta Asian Games untuk hamper semua venue dan fasilitas
Persiapan yang matang dari pihak panitia, serta didukung oleh kerjasama dengan berbagai macam pihak tentu saja menjamin kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018. Berbagai macam perbaikan hingga upgrade di hampir semua venue pertandingan akhirnya berbuah manis. Hampir semua negara peserta Asian Games memuji kesiapan panitia penyelenggara. Ya meskipun masih ada sedikit kekurangan dalam beberapa hal, namun tetap saja pujian itu mengalir. Semua berkat kerja keras putra dan putri terbaik bangsa ini dalam mempersiapkan.

Nah sobat, itu dia kira-kira beberapa fakta menarik seputar Asian Games 2018 ini. Oh ya mengenai venue, kebetulan sebelum perhelatan pesta olahraga se-Asia ini dimulai kemaren, saya sempat jalan-jalan ke Jakabaring Sport City di Palembang. Bangga rasanya melihat bangsa kita akhirnya sidah memiliki fasilitas olahraga kelas dunia. Semoga saja bisa terus dipertahankan, dikembangkan, dan dimanfaatkan sebaik mungkin demi kamajuan olahraga Indonesia di mata dunia.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis