Featured, Its My Life

Duka Lombok, Derita Bangsa Indonesia

oleh DerielHD

20 August 2018

Sebelumnya saya menyampaikan rasa duka yang sedalam-dalamnya terhadap semua saudara-saudara kita yang saat ini sedang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi di Lombok. Hari ini merupakan hari minggu kelau bagi sebagian besar masyarakat Lombok karena sejak tadi pagi mereka sudah dikejutkan dengan gempa-gempa yang tergolong sangat kuat. Bahkan kabar terbaru dari rekan saya yang berada disana, gempa bermagnitudo 7 berusaja mengguncang mereka.

Kasihan mereka. Semoga saja tidak ada lagi korban jiwa yang berjatuhan, dan mereka semua bisa melalui cobaan ini dengan hati yang tetap bersyukur dihadapan Sang Pencipta.

Duka masyarakat Lombok, adalah duka seluruh masyarakat Indonesia. Baru saja bangsa ini merayakan hari kemerdekaan yang ke 73 tahun, namun cobaan demi cobaan terus saja mengguncang. Benar bahwa pembangunan dan perekonomian sudah semakin membaik, tetapi tidak ada satu manusiapun di bangsa ini, bahkan di dunia, yang sanggup mencegah terjadinya bencana alam.

Duka Lombok

photo : Salah satu dampak gempa Lombok

Namun sayang, disaat saudara-saudara kita di Lombok sedang berjuang untuk tetap menjaga keselamatan dirinya dan keluarga, masih saja ada oknum-oknum haus kekuasaan yang mencoba memanfaatkan moment memilukan itu untuk kepentingan diri sendiri. Berita bohong disebar, seolah-olah pemerintah tidak serius dalam memberikan bantuan kepada para korban gempa Lombok ini. Untuk apa? Bukankah pemerintah yang lebih dulu tiba dilokasi untuk memberikan pertolongan seadanya sambil menunggu bantuan yang lain datang? Lantas, apa untungnya bagi kalian menyebar hoax mengenai bantuan pemerintah? Supaya dapat simpati dari para korban dan keluarganya? Supaya kalian bisa berkuasa?

Sob.. kalau orang manado bilang, “ngoni samua banya depe t*i minya” orang yang tidak punya pendidikan setinggi kalian masih lebih bisa diandalkan jika bicara mengenai rasa empati. Kalian tidak lebih dari manusia-manusia kardus, suka baper, dan tak punya hati. Kewarganegaraan kalian perlu dipertanyakan. Ketika ada negara orang yang ditimpa musibah, kalian memberikan dukungan dan sok bersimpati, nah giliran negara sendiri yang berduka, kalian malah nyinyir ke pemerintah. Kalian sehat? Otak kalian tercecer dimana? Perlu bantuan Joni untuk mencarinya?

Sudahlah, hentikan sejenak keegoisan kalian. Untuk pertama kali dalam kehidupan kalian, tunjukkanlah kepada bangsa ini bahwa kalian juga peduli, terhadap kami masyarakat, dan terhadap mereka yang sedang berjuang melewati setiap musibah. Gunakan otak cerdas kalian untuk membantu bangsa ini. Jangan berpikir bahwa hanya dengan kekuasaan baru kalian bisa membangun bengsa ini. Masih banyak tempat bagi kalian untuk berkarya ditengah bangsa yang kita cintai ini.

Lombok dan semua saudara-saudara kita disana sangat membutuhkan uluran tangan dan juga otak cerdas kalian semua. mari bersatu, untuk Indonesia yang lebih baik. #2019IndonesiaJaya

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis