Its NOT Me

Di Media Sosial Banyak Orang Biasa Sok penting, Berikut Penjelasannya

oleh DerielHD

1 February 2018

iT’s me – Facebook, twitter, instagram, hanya sedikit dari sekian banyak saksi bisu yang merekam setiap apa yang kita keceritakan didunia sosial. Dari sekian banyak orang yang hidup di dunia ini, hampir sebagian besar sangat senang menghabiskan waktu mengabadikan segala sesuatu dalam hidup mereka, susah, senang, marah, kecewa, dan berbagai macam bentuk emosi lainnya, semuanya ditumpahkan kedalam sebuah sosial media. Rahasia? Benar, bahkan segala sesuatu yang bersifat rahasia sekalipun akan bisa kita temukan di dalam media sosial, dimana orang tidak lagi percaya terhadap teman atau sahabatnnya, dan ebih memilih untuk curhat didalam media sosial dan berharap itu tetap menjadi sebuah rahasia.. YA! Rahasia umum! (LOL)

Aku punya banyak sekali teman yang dalam kesehariannya tidak pernah terlepas dari yang namanya media sosial. Memperbaharui status BBM setiap beberapa manit sekali, meng-upload foto-foto, marah-marah di status facebook, twitter, atau media sosial lainnya, tujuannya untuk apa? supaya diperhatikan dan tetap dibilang eksis dan gaoel ghetoo? Atau ada satu masa ketika kita memperhatikan kegiatan orang lain di medsos dan kemudian mulai menghakimi orang tersebut dengan hal yang tidak dia pikirkan atau maksudkan? Kasihan… Kita bukan selebriti yang kehidupan kesehariannya selalu menjadi sorotan.. Kita juga bukan orang penting yang harus memberitahukan segala kegiatannya kepada masyarakatnya.. jadi pertanyaannya kita siapa?

Hanya orang biasa yang sok penting, dengan memberitahukan segala kegiatan kita kepada ‘masyarakat’ media sosial kita.. Kita hanya orang yang haus akan perhatian dari orang lain, yang berharap dengan meceritakan segala sesuatu dalam hidup kita, kita akan mendapatkan perhatian yang layak dari orang disekitar kita.. Kita hanyalah orang sombong yang terlalu bangga dengan apa yang kita kerjakan sehingga kita merasa bangga dengan segala kesibukan dan segala kegiatan yang kita alami.. Kita hanyalah orang yang gila hormat, yang berharap mendapatkan penghoramatan dari penghuni media sosial kita.. Kita hanyalah orang sok benar dan sok suci, yang selalu melihat keburukan orang lain tanpa memberikan contoh yang benar.. Benar, itulah kita..

Sadar atau tidak, secara tidak langsung kita sedang memperlihatkan segala kesombongan kita kepada dunia luar melalu media sosial. Memang benar kita selalu menyimpan rahasia dengan begitu rapat. Jika marah kita berusaha menyimpannya dalam hati saja. Jika kita bahagia, kita ingin dunia mengatahuinya. Benar, itulah yang selalu kita lakukan. Tetapi, sekali lagi, sadar atau tidak, ketika kita melibatkan media sosial, meluapkan kekesalan melalui media sosial, menceritakan apa saja yang kita lakukan kedalam media sosial, dan lain sebagainya, kita sedang mengumumkan kepada dunia siapa kita sebenarnya. Ingat bahwa dunia tidak akan melihat apa yang kita katakan, akan tetapi apa yang kita lakukan. Sekeras apapun kita berusaha mengatakan kepada dunia bahwa kita bukanlah orang yang sombong, akan tetapi dengan mengekspos apa saja yang kita lakukan akan membuat keadaan mengatakan sebaliknya.

Sobat, hidupmu adalah pilihanmu. Dan jalan yang engkau pilih untuk melaluinya, itulah yang tebaik untukmu. Akan tetapi pernahkah engkau berpikir bahwa disekitarmu ada juga orang lain yang selalu memperhatikanmu? Pernahkah engkau berpikir bahwa memberikan penilaian? Pernahkah engkau berpikir bahwa hidup ini bukan hanya tentang kamu? BE WISE, MAN!! Jangan melibatkan banyak orang yang tak bersalah dalam hidupmu yang penuh dengan kesombongan tersembunyi!!

Ya! Semua manusia memiliki kesombongan tersembunyi yang tanpa sadar sedang diumumkan di depan banyak orang melalui dunia maya. Sadar atau tidak, hidupmu bukanlah rahasia bagi banyak orang. Jika engkau merasa perlu untuk mememberikan pengumuman kepada banyak orang mengenai apa yang kita lakukan setiap menitnya, silahkan saja. Dan akan jauh lebih baik jika hanya hal baik yang membawa dampak baik dan positif saja yang kita ceritakan. Supaya kesombongan kita bisa memeberikan pengaruh positif bagi banyak orang. (DerielHD)

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis