itsme.id– Selalu saja ada orang yang tidak suka dengan kita, meskipun kita tidak melakukan apa-apa terhadapnya, akan ada orang yang selalu irihati terhadap sesamanya. Padahal apa yang dimiliki bukan dari dia dan tidak minta kemereka. Akan selalu ada orang yang menyindir kehidupan kita, padahal kita tidak mengganggu kehidupan mereka.

Misalnya, membicarakan orang lain atau biasa disebut dengan gosip, menggunjing dan mendengar kabar burung mengenai saudaranya, yang seharusnya diklrifikasi dulu, tidak harus mengedepankan prasangka. Baik kalau benar, kalau salah?

Mengapa sibuk mengbiskan waktu untuk menghasud sana sini agar supaya orang lain memusuhi dan tidak senang dengan kita Bukankah itu sama dengan memakan bangkai saudaranya sendiri, kita semua tahu bau dan bentuk bangkai itu seperti apa? Tapi masih banyak juga orang yang doyan.

Memang manusia jauh dari sempurna, semua kebaikan hilang karena satu kesalahan. Itulah manusia! Insyaallah kita semua dapat menjadi manusia yang selalu mengambil hikmah dari kehidupan sekitar, dan jauh dari dengki.

Ketika orang lain salah mengartikan hidupmu, dan kamu tidak mampu menjelaskanya, maka satu hal yang mungkin akan membuat hatimu tenang bahwa sesungguhnya kita tidak akan binasa oleh karena prasangka mereka. Kita akan diadili berdasarkan kenyataan yang kita perbuat

Imam Ahmad meriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah, ia berkata, “Kami pernah bersama-sama dengan Nabi SAW, tiba-tiba bau bangkai menyengat berhembus. Kemudian Rasulullah SAW bertanya, “Tahukah kalian bau apa ini? Ini adalah bau orang-orang yang suka menggunjing sesama manusia.”

tumblr-bersamadengamu