Its My Life

Belanja online, amankah?

oleh DerielHD

24 January 2019

Tidak bisa kita pungkiri bahwa dunia semakin bergerak maju dan suka atau tidak kita sebagai pengguna harus mengikuti dan juga berkembang bersama dengan teknologi yang ada.

Yang paling merasakan perubahan adalah anak-anak jaman now atau yang juga dikenal dengan kelompok masyarakat milenial. Mereka hidup dijaman dimana dunia begitu maju dan berkembang dengan sangat pesat. Semua serba instan, mau apa saja sdah tersedia, seisi dunia rasanya bisa didapatkan hanya dengan satu sentuhan jari saja (Begitu kira-kira jika dilengkapi dengan modal yang berjibun alias melimpah hehe).

Para orang tua atau sesepuh, mereka kemana? Apakah mereka juga ikut merasakan perkembangan jaman ini? Jawabannya ya tentu saja. Hanya, berbeda dengan anak-anak jaman now, mereka lebih sulit untuk beradaptasi dengan teknologi, apalagi yang tinggalnya jauh di pelosok tanah air. Maaf, bukannya mendiskriminasikan, akan tetapi saya masih ingat dulu ketika kira-kira di tahun ’99 ke 2000, harga cengkeh ceritanya melambung tinggi. Semua petani cengkeh di desa-desa mendapatkan rejeki berlimpah. Saya juga ikut merasakan dan menyaksikan sendiri bagaimana orang-orang dikampung nenek saya berlomba-lomba untuk pergi ke kota untuk membeli tipi, parabola, dvd, kulkas, bahkan hape. Sementara di kampung nenek saya, listriknya belum ada.

Hehe intermezonya keppanjangan ya? Singkat cerita, kini untuk belanja kita gak perlu repot lagi karena sudah banyak sekali toko-toko atau mall online yang berseliweran menggoda iman. Dengan memanfaatkan fasilitas belanja online via internet, sobat bisa belanja apa saja kebutuhan sobat, mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga kebutuhan pribadi. Pokoknya asal ada duit, semua pasti terbeli. Pertanyaannya sekarang, seberapa aman jika hendak belanja online? Berikut tips dari saya yang sudah sedikit banyak makan asam garam dalam berbelanja online.

Pastikan toko online tersebut adalah toko yang terpercaya
Bagaimana bisa tahu kalo itu toko terpercaya? Nah berdasarkan pengalaman saya nih ya, di beberapa mall online menyediakan fitur bintang atau rating bagi pedagang yang ‘mangkal’ disitu. Ada yang sempurna alias bintang 5 ada juga yang sempurna berdasarkan rating di 9.0 atau 10.

Penawaran yang tidak terlalu muluk-muluk.
Perhatikan penawaran yang diberikan. Tidak selamanya penawaran menarik akan menghasilkan kepuasan belanja yang memuaskan. Dari segi penawaran terhadap konsumen, toko online yang bisa dipercaya juga tidak sembarangan. Biasanya, untuk tetap mempertahankan kualitas dan pelayanan, pemiliki toko online biasanya akan memberikan penawaran sewajarnya.

Respon yang positif terhadap calon pembeli.
Dan biasanya, toko online yang bisa dipercaya itu selalu memberikan respon atau feedback yang posotif terhadap calon pembelinya meskipun itu hanya sekedar tanya-tanya saja. Ya dengan kata lain, belanjalah hanya di toko online yang memperlakukan pembeli sebagai raja hehe..

Jangan lupa untuk membandingkan harga
Sedikit banyak, sobat tidak boleh capek dalam membuka beberapa toko online sekaligus. Mengapa? Ya karena, seperti kata iklan tiket yang sering muncul di tv, di dunia maya atau internet, banyak sekali berseliweran toko-toko online yang menarik dan bagus dan dengan harga yang bersaing juga. Jadi kalau sobat mau mendapatkan barang yang disukai, ya sobat harus sabar hehe..

Jangan lupa untuk tawar-menawar.
Emang bisa? Ya bisa dong.. kecanggihan teknologi tidak menjamin budaya tawar menawar akan hilang begitu saja. Di beberapa toko online, disediakan fitur untuk tawar menawar harga barang yang disukai. Akan tetapi ya tawar-menawarnya masih dalam batas kewajaran. Mungkin di beberapa toko online sudah menyetel otomatis limit bawah atau batas maksimal nominal penawarannya. Tapi gak apa-apalah, meskipun berkurangnya sedikit tetapi setidaknya kita sudah mendapatkan barang yang kita cari dengan harga yang sedikit lebih murah.

Hati-hati dengan dengan penggunaan kertu kredit.
Nah bagi sobat yang hendak menggunakan fasilutas cicilan dengan kartu kredit, saya sarankan untuk berhati-hati. Gunakanlah kartu kredit sebagi mungkin dan jangan digunakan kalau sobat merasa kurang yangkin dengan toko tersebut. Sebaiknya sobat benar-benar yakin dulu. Kalaupun sobat menggunakan kartu kredit, jangan sekali-kali menyimpan password atau nomor kartu kredit atau meninggalkan computer atau laptop tanpa menghapus history browser.

Nah sobat, demikian tips dan trik berbelanja secara online. Semoga tips dan trik ini bermanfaat ya sobat. Pesan dari saya, belilah sesuatu karena sobat butuh, bukan karena sobat ingin.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis