Its My Life

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme (kembali)

oleh DerielHD

14 June 2019

“Bang, menurut abang nasionalisme itu apa sih?” tanya seorang teman kepada saya. Well, menurut Wikipedia, adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara, atau dalam bahasa Inggris nation, dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional, dan nasionalisme juga rasa ingin mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal.

Nasionalisme, mudah untuk dikatakan, akan tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Ceritanya tidak semudah menjawab pertanyaan apakah kita ini memiliki Nasionalisme atau tidak, lebih daripada sekedar berangan-angan, bahkan saking beratnya, tidak semua orang bisa tetap konsisten dengan rasa nasionalisme ini.

Sudah sekian puluh tahun lamanya bangsa kita berhasil merebut kemerdekaan dari penjajah, dan seharusnya kita menjadi bangsa yang maju dan makin mandiri. Kenyataannya? Masih banyak orang-orang egois yang tinggal di Bangsa ini. Mereka berpikir bahwa kemerdekaan atau kebebasan hanya miliki mereka. “lho kok bisa bang?”, ya bisa aja. Liat aja di setiap pemberitaan di tipi. Banyak orang egosi yang ketengkep karena korupsi, menindas sesama, dan bahkan yang terbaru, ada yang mencoba memimpin bangsa ini dan mendapatkan kekuasaan dengan cara yang tidak baik.

Benar, bangsa kita, Indonesia, sedang sakit. Masyarakat di bangsa kita sedang mengalami krisis Nasionalisme. Ada yang mati-matian membela negara lain, sambil memaki dan mencaci negara sendiri. Memuja bangsa lain dan disaat bersamaan membenci negara sendiri. Apakah itu yang dikatakan sebagai nasionalisme? ke negara atau bangsa yang mana?

baca juga : Menggelorakan nasionalisme dengan sejarah kemerdekaan

Ya, bangsa kita sedang mengalami krisis rasa nasionalisme. Seperti penyakit berbahaya yang sedang menggerogoti, bangsa ini sedang memasuki tahapan kritis. Rasa cinta terhadap bangsa sendiri sudah mulai terkikis habis oleh rasa simpati berlebihan terhadap golongan atau negara tertentu. Demo dan mencoba mengacaukan keamanan bangsa Indonesia, itu bukanlah sebuah rasa nasionalisme. Itu lebih merupakan sebuah penghianatan terhadap bangsa sendiri.

Rasa nasionalisme harus dibangkitkan dari sejak dini, mulai dari bagaimana para orang tua mendidik anaknya dengan nilai-nilai kebangsaan, dan berlanjut di sekolah-sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, dengan memberikan pelajaran-pelajaran tentang kebangsaan dan rasa cinta tanah air.

Kita harus cinta dengan bangsa sendiri, lebih dari kecintaan kepada bangsa lain hanya karena alasan mereka memiliki warna yang sama atau memiliki kayakinan yang sama. Itu harus disudahi. Belum terlambat untuk mulai mengembalikan rasa nasionalisme itu. Penyakit itu masih bisa diobati, mulai dari diri kita dan lingkungan dimana kita tinggal. Cobalah untuk melakukan hal yang baik dan positif dan bermanfaat bagi bangsa kita, hormati dan amalkanlah nilai-nilai kecintaan akan tanah air mulai dari saling menghargai dan bertoleransi satu dengan yang lainnya. Untuk masa depan Indonesia yang lebih baik!

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis