Its My Life

Bahagia itu sederhana, berbahagialah!

oleh DerielHD

8 November 2018

Menurut survey dari BPS, jika diukur dari kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup, maka tingkat kebahagiaan penduduk di Indonesia mengalami peningkatan dari sejak 2014 hingga tahun 2017, dari angka 68,28% ke 70,69%, dengan peningkatan terbesar terdapat pada penduduk yang tinggal di perkotaan. Setidaknya angka tersebut memberikan sedikit gambaran bahwa penduduk Indonesia selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan kualitas hidup. Penduduk Indonesia bisa hidup dengan bahagia.

Nah, Mengapa orang sulit untuk berbahagia? Menurut beberapa artikel yang penulis baca, manusia selalu hidup dengan pilihan berbahagia atau tidak. namun seiring berjalannya waktu, pilihannya selalu lebih condong kepada tidak berbahagia, mengapa?

Fokus pada permasalahan hidup. Yang namanya permasalahan hidup ya sudah pasti datang ya sobat. Bahkan terkadang jika seseorang masih merasakan beratnya permasalahan yang dihadapi, itu merupakan sebuah indikasi bahwa hidupnya baik-baik saja. Jika hidup tanpa permasalahan barulah sobat perlu untuk mengevaluasi hidup sobat. Artinya ada sesuatu yang salah dengan hisup sobat.

Terlalu banyak mengeluh. Cuaca hujan, mengeluh; panas, mengeluh; gaji sedikit, mengeluh; Bagaimanapun caranya, yang namanya mengeluh itu tetep aja gak baik. Bukan salah, hanya gak baik saja. Gak baik untuk sobat dan juga untuk orang-orang yang ada disekitar sobat. Faktanya, mengeluh membuat sobat tidak bisa berpikir kreatif.

baca juga : Menjadi orang tua baru, betapa bahagianya

Lupa bersenang-senang. Nah sobat, ini bisa saja menjadi penyebab sobat kurang berbahagia. Terlalu banyak bekerja, sobat jadi lupa bersenang-senang dan menikmati hidup. Bersenang-senang dan gembira merupakan dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Orang yang kurang berbahagia terbukti adalah orang yang sulit untuk menikmati hidupnya dan biasanya hanya menjalankan rutinitas harian. Bermain bersama keluarga, pergi ke tempat hiburan, jalan-jalan, bermain game di hape, semuanya bisa dilakukan untuk mengurangi pikiran yang galau dan suntuk setelah beraktifitas seharian.

Terlalu tinggi dalam ekspektasi. Silahkan saja jika sobat memiliki harapan-harapan dalam hidup ini, gak masalah. Akan tetapi jangan salah, harapan yang terlalu tinggi justru bisa menyebabkan tingkat stress yang meningkat juga. Mengapa? Karena harapan yang terlalu tinggi dan kemudian sulit untuk diraih adalah penyebab stress utama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Apakah yang di pedesaan tidak mengalami? Tentu saja mengalami, hanya saja terdapat perbedaan yang signifikan karena penduduk di pedesaan lebih cenderung tau dan cerdas dalam menyalurkan stress mereka.

baca juga : Bahagia itu simple!

Nagatif thinking. Tahukah sobat bahwa pikiran negatif dari diri kita juga berpengaruh kepada kesehatan emosional kita? Penulis yakin sobat pembaca sangat tahu akan hal itu. Disini penulis hanya ingin mengingatkan kembali kepada sobat pembaca sekalian bahwa semakin negatif kita berpikir mengenai orang lain, apalagi terhadap diri kita sendiri, hal itu menentukan kebahagiaan kita.

Dengan berpikir negatif kita menutup pintu pemikiran ita terhadap kebaikan dan kebahagiaan yang mungkin kita dapatkan dari hal-hal kecil yang ada disekitar kita.

Lupa bersyukur. Berapa kali dalam sehari kita bersyukur kepada Tuhan atas setiap hal baik yang kita dinikmati? Bukan menghitung berapa banyak nikmat dari Tuhan yang sudah kita nikmati setiap hari, akan tetapi apakah setiap hari ada rasa syukur yang kita panjatkan dihadapan Tuhan yang Maha Kuasa? Dengan bersyukur maka kita akan merasa bahagia. Ada banyak alasan memang yang bisa membuat kita tidak bahagia, akan tetapi Tuhan, Sang empunya Alam semesta, sudah memberikan sejuta hal baik untuk mengucap syukur setiap hari.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab mengapa kita sulit untuk berbahagia, istri, suami, anak-anak, keluarga, pekerjaan, makan dan minum, rumah yang jadi tempat berteduh. Selalu ada saja cara Tuhan untuk membuat kita seharusnya berbahagia dan bisa untuk menikmati hidup dengan lebih baik. Apa alasan sobat untuk tidak berbahagia hari ini? Temukan! bahagia itu sederhana, Berbahagialah!

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis