Featured, Its My Family

Bagaimana Peran Orang Tua Bisa Membentuk Kecerdasan Emosi Anak

oleh Mr Ben

2 July 2018

Family always come first. Kalimat ini tidak semua diketahui atau diaplikasikan oleh semua orang, termasuk orang dewasa. Dengan adanya perkembangan jaman dan juga pergaulan sekarang ini membuat banyak orang berubah terutama dari sisi emosional dan kepeduliaannya. Dengan berbagai macam perbedaan karakter, inilah yang menjadi penyebab kenapa semua orang bersikap dan berperilaku beda. Ada individu yang bisa menempatkan posisinya sebagai seorang anak sehingga mereka bisa membagi waktu dengan baik. Berbanding terbalik dengan itu, ada individual yang malah tidak bisa membagi waktunya dengan baik. Hingga hal ini menjadi pekerjaan berat untuk dilakukan, dan menjadi PR besar untuk mereka bisa melakukannya. Beberapa faktornya mungkin karena berbagai macam hal yang terjadi di keluarga dan kurangnya perhatian.

Sering kita dengar bahwa peran orangtua memang sangatlah penting dalam pembentukan karakter anak, bahkan sejak dari mereka masih kecil. Dengan adanya sosok orangtua yang memberikan kasih sayang dan perhatian dengan benar kepada mereka pasti kehidupan pribadi dan emosionalnya akan baik. Hal ini dipercaya dapat mempengaruhi perkembangan emosional dan intelegensi anak. Yang mana hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan prestasi di sekolah, bagaimana nantinya si anak berkomunikasi dengan teman dan rekan lainnya. Jika dari usia kecil dan anak-anak mereka sudah bisa dengan baik berkomunikasi dan bergaul dengan teman seusianya, lama-kelamaan akan berpengaruh hingga anak menjadi dewasa. Sayangnya, tidak semua anak mendapatkan perlakuan dan kasih sayang yang serupa sehingga berpengaruh terhadap perkembangan dirinya.

Diakui atau tidak, sadar atau tidak, kita sekarang adalah apa yang kita tanam dahulu kala. Maksudnya, bagaimana kita sekarang, pribadi kita, kehidupan kita, cara kita dalam bergaul dan melawan emosi, semua itu merupakan hasil dari apa yang kita dapatkan di rumah. Memang tidak semua hal ini bisa dibuktikan, dengan alasan yang mungkin si individual ini tidak merasakan hal yang sama. Namun, jika Anda mengalami hal yang sama kemudian mencoba untuk menggali apakah benar beberapa alasan tersebut penyebabnya dapat dipastikan benar. Misalnya saja Anda mengunjungi seorang psikiater saat merasa hal ini sudah terlalu sulit untuk dihadapi sendiri. Mereka akan bertanya mengenai cerita Anda hingga akhirnya menemukan penyebabnya.

Berikut Ini Beberapa Peran Orangtua Dalam Pembentukan Pribadi Anak

Istilah anak ini tidak hanya berlaku untuk para bayi, balita, atau anak usia dini namun juga berlaku untuk para remaja dan juga orang dewasa tergantung pada bagaimana tingkat kesanggupan mereka dalam mengendalikan diri. Mereka sekarang ialah bagaimana peran orangtuanya dalam membentuk karakter anak tersebut:

Peran orangtua dalam tumbuh kembang anak khususnya dalam membentuk kecerdasan emosi anak tidak bisa diaganggap remeh sehingga dibutuhkan komitmen dan usaha terbaik dari orang tua.

Mr Ben

Berawal dari mendirikan sebuah Lembaga Penyiaran Swasta, sejak saat itu visi terus berkembang | Pendiri dan CEO Fokus Media Group | cyberlabpro | itsme.id | SajaddahFM | SajaddahLive | PanuaFM | SorbanFM | Hidayah Bangsa Fondation | Seorang Penikmat Kopi Hitam |