Its My Life

Artis jadi YouTuber, rampas rejeki orang?

oleh DerielHD

2 July 2019

Ada yang nanya ke saya hari ini, “bang, gimana menurut abang tentang artis/actor yang jadi YouTuber? Merekakan sudah artis, sudah terkenal, sudah banyak suit, kenapa masih jadi YouTuber? Kan sama aja kayak ngerampas rejeki orang?” wel, Menurut saya sih, biasa aja. Mungkin memang benar jika ada artis atau actor yang mencoba peruntungannya dengan membuat Video Blog atau Vlog, lalu kemudian menguploadnya ke YouTube.

Apakah mereka sudah tidak terkenal lagi sehingga mencoba peruntungan lain? Oh belum tentu. Bisa jadi karena mereka sedang naik daun dan sedang terkenal makanya mereka semangat untuk membuat Youtube channel, alasannya sih biar makin dekat dengan para fans setianya. Apa iya? Padahal makin banyak subscribers dan viewers, duit mereka juga makin banyak hehe. Lha, mereka buat konten dapet duit, kita? Nonton mereka malah keluar duit buat beli kuota hehe.

Tapi gini loh sob, kita sedang berada disuatu masa dimana ‘kepo’ menjadi gaya hidup. Kalo gak kepo ya gak asik. Ada yang sibuk kepoin tetangga, ada yang sibuk kepoin rekan kerja, ada juga yang kepoin pacar atau istri orang. Nah, hal itulah yang dimanfaatkan oleh mereka yang sedang mencari keuntungan. Selagi masih terkenal kan, ya gak ada salahnya.

Tapi banyak juga kok Youtuber yang bukan dari ‘golongan’ artis misalnya, gammers, beauty vlog, cooking vlog, dan video-video blog mengenai tutorial lainnya. Dan mereka yang melakukannya memiliki keberanian dan daya kreativitasnya sendiri.

Sebenarnya bukan siapa yang merampas rejeki siapa, bukankah rejeki itu sudah ada yang mengatur? Manusia tinggal berusaha bagaimana untuk bisa mendapatkan rejeki itu. Ya kalo sobat gak punya daya imajinasi atau tingkat kreatifitas yang tingi, ya gak usah jadi Youtuber, mending lakukan hal lain yang lebih bermanfaat. Misalnya dengan menggunakan kuota paket data hape sobat untuk jualan online atau hal lain.

Intinya ya Sobat, terlepas dari kontroversi mengenai hal ini, gak ada yang salah jika memang ada artis yang mencoba peruntungan lain dengan menjadi Youtuber. Bukan karena mereka sudah gak laku, tetapi mereka sedang mencoba menggali potensi lain dari diri mereka. Mungkin kita perlu mencontoh hal ini dan mulai untuk melakukan hal yang sama, supaya kita juga bisa mendapatkan limpahan rejeki dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis