Its My Family

Anak sulit makan? Coba lakukan ini

oleh DerielHD

13 November 2018

Ibu-ibu, terkadang ada rasa kesal ya ketika buah hati kita sulit untuk disuruh makan? Melelahkan rasanya jika kita harus ikut berlarian kesana-kemari untuk menyuapi si kecil. Ini adalah tantangan tersendiri bagi para ibu yang menghadapi anak-anak yang sulit untuk makan sendiri.

Penulis rasa hampir semua ibu-ibu didunia ini mengalami permasalahan yang sama. Dan sebagian besar ibu-ibu ini kesulitan dalam menemukan cara yang pas untuk membuat anak-anaknya bisa makan sendiri dan dengan lahap. Nah saat ini penulis mencoba untuk memberikan beberapa tips yang setidaknya bisa membantu ibu-ibu menghadapi si buah hati yang sulit makan.


Siapkan menu yang bervariasi.
Tak jarang, makanan yang itu-itu aja menjadi penyebab anak-anak sulit untuk makan. Menyiapkan menu yang berbeda setiap hari bisa menjadi pilihan ibu-ibu untuk mengatasi permasalahan ini. Sumbernya dari mana aja? Ya dengan kecanggihan teknologi saat ini, ibu-ibu bisa mencari banyak referensi dari internet, YouTube misalnya.


Berikan tampilan yang menarik,
cobalah untuk sedikit memperindah makanan untuk si kecil. Warna yang bervariasi hingga membentuk sayur dan lauk dengan pola tertentu bisa membuat rasa penasaran dari si kecil sehingga keinginannya untuk mencoba makan sendiri bisa terus berkembang.


Buat suasana makan yang menyenangkan,
sadar atau tidak, suasana yang menyenangkan sangat berpengaruh besar terhadap nafsu makan anak-anak. Untuk merangsang nafsu makan dari anak anda, usahakan untuk membuat suasana yang senyaman mungkin bagi dirinya untuk makan. Jika memmungkinkan, berikan si kecil piring dan sendok sendiri untuk dia belajar makan.


Makan bersama si kecil,
jika anak anda sudah cukup besar, hal ini sangat dianjurkan untuk ibu-ibu lakukan. Kalau bisa ajak makan si kecil saat keluarga hendak makan bersama, agar supaya tercipta pola atau kebiasaan makan yang akan terekam di ingatan si kecil.


Pastikan makanan si kecil enak!
Terkadang, enak menurut kita tidak selamanya enak menurut si kecil. Untuk ibu-ibu, cobalah untuk memasak seenak mungkin buat si kecil dan dicicipi dulu sebelum diberikan kepada buah hati anda. Rasa yang terlalu asin atau tekstur makanan yang kasar atau tidak enak akan membuat nafsu makan si kecil berkurang.


Sesekali, ijinkan si kecil memilih makanan kesukaan.
Ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat kita saa yang sudah dewasa pasti nafsu makannya akan bertambah jika ada makanan favorit kita. Oleh karena itu, perhatikan apa yang menjadi kesukaan si kecil dan masakkanlah untuknya sesekali. Dan jika makan diluar rumah, ijinkan si kecil memilih sendiri makanan apa yang hendak dimakannya

Itulah beberapa cara yang dihimpun oleh tim itsme.id yang mungkin bisa membantu ibu-ibu dalam menghadapi dan mengatasi anak yang sulit makan. Semoga bermanfaat.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis