Its NOT Me

404 Aplikasi Hutang Online Resmi Ditutup

oleh DerielHD

13 December 2018

Sudah akhir tahun nih sob.. Gimana kabar sobat semua? urusan kantong gimana, sehat? Jadi gini nih, beberapa waktu yang lalu saya didatangi oleh seorang teman. Teman saya itu datang hendak meminjam uang untuk membayarkan hutangnya yang katanya sudah mulai ditagih oleh debt collector. Singkat cerita, katanya dia berhutang via apikasi online.

Saya sendiri kaget karena baru tahu kalo ada aplikasi hutang online. Selama ini sih tahunya hanya kredit online tanpa depe. Ternyata dunia semakin bergerak maju dan saya mulai ketinggalan nih. Tapi bukan ketinggalan untuk berhutang loh ya..

Nah asal sobat tahu ya, beberapa hari yang lalu, pihak pemerintah melalui OJK alias Otoritas Jasa Keuangan merilis 404 jasa Fintech atau Jasa financial technology yang beredar di Indonesia. Jasa Fintech adalah jasa yang menawarkan kemudahan finansial instan atau ngutang tapi secara online. Persyaratannya sendiri bisa dibilang tidak mudah, namun tawaran yang diberikan begitu menggiurkan untuk ditolak.

Dengan banyaknya aplikasi fintech yang berseliweran di playstore, itu cukup membuat Satgas waspada investasi dari OJK was-was karena yang menjadi sasaran pasti saja masyarakat kelas menengak kebawah atau yang secara ekonomi membutuhkan bantuan instan. Dari data yang diperoleh oleh tim itsme.id, ada jutaan transaksi fintech yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya dan banyak sekali juga aplikasi abal-abal yang tersedia untuk jasa ini, maka tidak mustahil sudah banyak juga pengguna atau konsumen yang menjadi korban.

Dikutip dari laman resmi detikfinance, bahwa pihak dari OJK sendiri sudah melakukan diskusi dengan pihak Google untuk mulai menyortir dan memblokir aplikasi fintech abal-abal alias illegal. Aplikasi fintech semakin banyak menyebar karena sistem open source yang memudahkan untuk pihak pembuat aplikasi untuk mengembangkan aplikasi ini dengan massive. Mengenai aplikasi apa saja yang ilegal dan apa saja yang legal, nantikan di pembahasan selanjutnya ya

Jadi ya sobat, kita harus lebih waspada dengan segala jenis aplikasi penyedia jasa keuangan online atau hutang secara online. Edukasi mengenai dunia teknologi harus mulai diajarkan sejak dini terhadap anak-anak kita supaya mereka terhindar dari segala mecam tindak penipuan.

Secara ekonomi mungkin kita semua sedang menghadapi kesulitan, ada yang mendekati kebangkrutan, ada juga yang sedang berjuang untuk bangkit kembali. Akan tetapi berhutang, apalagi secara online, bukanlah sebuah pilihan bijak. Kita bisa mulai menghemat segala jenis pengeluaran kita yang tidak perlu sehingga sedikit demi sedikit kita bisa mulai bangkit dan kembali siap menghadapi masa depan yang lebh baik.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis