Its My Life

2019, Apa Harapanmu?

oleh DerielHD

31 December 2018

Hey Ghaees (sok gaul).. tahun 2018 sudah hampir berakhir nih. Tinggal beberapa hari lagi kita sudah memasuki tahun yang baru. Jika harapanmu adalah untuk mengganti presiden di tahun baru nanti, hehe maaf ya, tulisan ini bukan soal itu. Masih banyak mimpi dan harapan lain yang lebih bermanfaat dibanding dengan sekedar ingin memuaskan nafsu dan keinginan orang malas alias yang gak mau berusaha lebih yang selalu menyalahkan pemerintah atas kemalasannya.

Bagi sobat yang masih normal, Sepanjang tahun ini mungkin kita memiliki banyak sekali kisah menarik yang bisa menjadi kenangan dan pelajaran berharga untuk menjadi lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Ada yang naik jabatan atau dapat promosi dengan jabatan yang labih baik, ada yang dapat kenaikan gaji, ada juga kisah keberhasilan dalam pendidikan, mungkin ada juga yang akhirnya menikah setelah bertahun-tahun hidup menyendiri, dan masih banyak lagi.

Yang pasti setiap tahun memiliki keunikannya sendiri yang bisa menjadi pemacu semangat untuk menjadi lebih baik lagi.

Ada juga yang memiliki kenangan buruk (mungkin), seperti ditinggal pujaan hati, ditinggal oleh orang yang dikasihi, atau hal lain yang membuat hati kita terasa pedih dan ingin cepat-cepat melupakan segala macam hal buruk itu.

Tak terhitung juga berbagai macam bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita yang membuat mereka kehilangan harta benda hingga kehilangan orang yang dikasihi. Sekali lagi semuanya bisa menjadi pengalaman berharga dalam kehidupa setiap orang yang mengalaminya.

Apa harapanmu di tahun yang baru? Resolusi? Gak usah bicara soal resolusi deh, dan gak usah yang muluk-muluk juga. Sobat pasti punya satu atau dua buah harapan yang ingin dicapai ditahun yang baru dong ya, dan yang namanya harapan ya pasti sobat ingin agar ditahun yang baru nanti semua harapan tersebut bisa terwujud.

Bagi sobat yang masih bersekolah, tentunya salah satu harapan adalah supaya bisa mendapatkan nilai terbaik dan akhirnya lulus dan bisa membanggakan kedua orang tua. Bagi yang bekerja, mungkin harapannya adalah bagaimana supaya bisa mendapatkan promosi atau minimal kenaikan gaji seperti rekan-rekannya untuk kehidupan yang lebih baik. Bagi yang jomblo? Ya pasti minimal harapannya adalah supaya bisa mendapatkan gacoan alias tambatan hati, dan kalau beruntung dan dikehendaki oleh Yang Maha Kuasa, melanjutkan ke jenjang yang lebih serius lagi.

Penulis tahu karena banyak hal juga yang diharapkan bisa terwujud ditahun yang baru, semoga ini menjadi doa kita bersama bahwa selain segala macam keinginan dan harapan pribadi yang kita inginkan, doa dan harapan yang terbaik tentunya kita kita naikkan untuk bangsa kita tercinta, Indonesia. Berbagai macam tantangan sudah dihadapi disepanjang tahun 2018 dan membuat bangsa kita seolah terpecah belah.

Mungkin daripada sobat berpikir untuk sok-sokan teriak ganti presiden, coba sobat memulai dengan berusaha dengan lebih sunguh lagi. Buka mata dan buka pikiran. Daripada sobat dimanfaatkan untuk kepentingan politik suatu kelompok dan akhirnya ketika mereka memimpin sobat akhirnya ditelantarkan, lebih baik sobat berusaha untuk kepentingan sobat sendiri dan juga keluarga tercinta. Itu lebih baik.. ingat bahwa berkat atau rejeki dari Tuhan selalu tersedia bagi mereka yang dengan semangat berusaha dan tidak pernah berhenti berharap.

DerielHD

National Media Coordinator at PT. International Fokus Media, Aktivis dan Penggiat Media, Penulis